Beranda Metropolis Harus Kurangi Sampah Rumah Tangga

Harus Kurangi Sampah Rumah Tangga

Kampanye hari peduli sampah nasional (Instagram/dlhkotabgr)

BOGOR–RADAR BOGOR,Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional kemarin (21/2) menjadi momen evaluasi bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Meski rutinitas pengelolaan sampah di Kota Hujan sudah tergolong baik, tetapi menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, Elia Buntang, perlu ada terobosan baru.

Caranya, bisa dalam bentuk mengurangi sampah rumah tangga.

Elia menjelaskan, Kementerian Lingkungan Hidup sudah berkirim surat kepada pihaknya dan menginstruksikan terkait pelaksanaan agenda kebersihan selama tiga bulan ke depan.

universitas nusa bangsa unb

“Surat dari kementerian, hingga 21 April harus ada progres terkait dengan kegiatan-kegiatan kebersihan. Jadi, selama tiga bulan ke depan ini harus ada kegiatan-kegiatan kebersihan,” jelasnya kepada Radar Bogor, kemarin (21/2).

Namun, menurutnya, khusus di Kota Bogor cukup menjalankan rutinitas seperti biasanya. Karena hari-hari sebelumnya di Kota Hujan selalu ada agenda kebersihan. Selain itu, juga memperkuat sosialisasi ke masyarakat untuk menekan sampah rumah tangga.

“Betul-betul masyarakat punya kesadaran tinggi terkait mengurangi sampahnya dari rumah tangga masing-masing. Di Kota Bogor perkembangannya cukup signifikan,” terangnya.

Elia pun siap untuk mengirim jadwal kebersihan di Kota Bogor selama tiga bulan ke depan pada Kementerian Lingkungan Hidup.(fik/c)