Beranda Berita Utama Desa Sukahati, Kecamatan Citeureup Peningkatan SDM Jadi Prioritas

Desa Sukahati, Kecamatan Citeureup Peningkatan SDM Jadi Prioritas

SIMBOLIS: Pemberian sertifikat oleh Kadiskop UMKM Ronny Sukmana (tengah) kepada pengrajin

CITEREUP-RADAR BOGOR,Pemberdayaan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) menjadi prioritas Pemerintahan Desa Sukahati. Pasalnya, wirausaha menempati posisi kedua jenis mata pencaharian masyarakat.

Salah satu yang tersohor adalah pengrajin perkakas rumah tangga berbahan dasar aluminium dan stainless steel. Kepala Desa Sukahati Endang Gunawan mengatakan, potensi yang agak mencolok di wilayahnya memang pelaku UMKM di bidang kerajinan tersebut.

Karenanya, ia memiliki program inovasi dengan menggelar kegiatan pembentukan Kampung/Desa Wirausaha.

universitas nusa bangsa unb

“Sudah kami laksanakan 16 Januari 2018, alhamdulillah, hasilnya pengrajin kami mendapatkan bantun berupa alat pendukung produksi,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin.

Alat bantuan tersebut, kata dia, berupa besi H dan U untuk bantalan kerja volume 2 meter/pcs berjumlah 84 set yang diberikan kepada 84 pengrajin di RT 01 hingga RT 05, Kampung Lengo, Desa Sukahati, yang merupakan kampung percontohan program tersebut.

Namun, dirinya mengaku jika hasil produksi di pasaran belum terorganisasi dengan baik. Sebab, masyarakat masih bekerja secara individual dalam menjualnya.

“Pasarannya masih di Kabupaten Bogor dan Jakarta saja,” tuturnya.

Sekdes Sukahati, Antoni menambahkan, produksi para pengrajin terus meningkat berkat penambahan alat kerja. Dirinya berharap agar UMKM dapat dibentuk wadahnya seperti koperasi.

Hal itu agar masyarakat dapat maju dan usahanya berkembang. “Pada akhirnya, Desa Sukahati juga maju dan sejahtera perekonomian masyarakatnya,” pungkasnya.(rp2/c)