Beranda Olahraga Kickers Belajar Dari Wigan

Belajar Dari Wigan

 

SUKSES: Para pemain Wigan Athletic merayakan kemenangan atas Manchester City di Piala FA (wiganathletic.com)

WIGAN–RADAR BOGOR, Piala FA memang dikenal sebagai ‘kuburan’ bagi tim-tim elite. Sudah banyak klub-klub besar yang harus mengubur impian meraih trofi saat tersingkir secara tragis. Disebut tragis, karena tim-tim yang mengalahkan mereka adalah tim-tim guram dari kasta yang lebih rendah.

Musim ini, Manchester City menjadi korban ‘keganasan’ Piala FA. Wigan, tim yang mengalahkan klub kaya raya tersebut berasal dari kasta League One.

Ini merupakan dua kasta yang lebih rendah daripada Premier League. Jika diurut dari posisi Man City saat ini yang berada di puncak klasemen sementara Premier League, Wigan berselisih 43 peringkat. Wigan kini berada di peringkat ketiga League One 2017-2018.

universitas pakuan unpak

Meski berselisih puluhan peringkat, ternyata performa Wigan boleh diadu. Khususnya dalam sektor pertahanan. Karena klub berjuluk The Latics ini menjadi tim paling hebat dalam urusan pertahanan.

Bahkan, pertahanan Wihan adalah yang terbaik di antara tim-tim dari empat kasta tertinggi di sepak bola Inggris musim ini. Fakta ini bisa dilihat dari jumlah gol yang masuk ke gawang mereka.

Hingga melewati 30 laga League One musim ini, The Latics baru kebobolan 18 gol. City saja sudah kebobolan 20 gol musim ini.

Dan ketangguhan mereka benar-benar teruji di hadapan City yang merupakan tim dengan serangan terbaik saat ini. The Citizens yang mampu melakukan 29 kali tembakan ke gawang, 17 di antaranya mampu diblok.

Artinya, hanya lima tembakan tepat saja yang menemui sasaran. Bandingkan dengan Wigan yang hanya memiliki kesempatan melakukan empat tembakan sepanjang laga. Dari empat kesempatan tersebut hanya dua yang menemui sasaran.

Tapi, salah satunya berbuah gol. Wigan kini menjadi tim ketiga sepanjang musim ini yang mampu mengalahkan Man City. Sebelumnya skuad besutan Pep Guardiola itu dikalahkan Shakhtar Donetsk 1-2 di ajang Liga Champions.

Kemudian dikalahkan Liverpool 3-4 di Premier League. Namun Wigan patut berbangga. Karena, di antara tiga tim yang mampu mengalahkan City hanya mereka yang tidak mampu dijebol. Bukti sahih jika pertahanan Wigan memang yang terbaik saat ini.

”Mereka memiliki satu tembakan pada target, saya tidak memiliki penyesalan dengan cara kami bermain, kinerja, hati saya menilai pemain saya bermain dengan niat untuk menang dan ke perempat final.

Namun Wigan lebih siap. Sekali lagi selamat, biarkan kami istirahat sejenak untuk mempersiapkan final Piala EFL (Liga Inggris),” kata manajer Man City, Pep Guardiola.(jpg)