Beranda Olahraga Arena Angkut Atlet Cedera dengan Heli

Angkut Atlet Cedera dengan Heli

PERSIAPAN: Seorang atlet mendapat penanganan medis dari tim Atang Sendjaja. Ini merupakan bagian dari simulasi pemberian pertolongan kepada atlet dengan menggunakan helikopter.

BOGOR–RADAR BOGOR, Beberapa bulan lagi pelaksanaan Asian Games 2018 digelar. Sejak jauh-jauh hari, Pangkalan Udara (Lanud) Atang Senjaya (ATS) sudah melakukan simulasi untuk mengevakuasi atlet yang cedera saat bertanding.

Komandan Wing Udara 4 Atang Senjaya, Kolonel Pnb Bambang Juniar menyatakan, mengerahkan pasukannya sebagai bantuan medis di kegiatan Asian Games. Pasalnya, ada beberapa cabang olahraga yang dilakukan di Jawa Barat.

”Sehingga kami telah melaksanakan pratugas apabila pemda ataupun Koni membutuhkan bantuan kami, seperti evakuasi medis. Misalnya atlet atau tamu VIP ada yang sakit, kami bisa melakukan evakuasi,” jelasnya kepada Radar Bogor, kemarin (20/2).

universitas pakuan unpak

Seperti simulasi yang dilakukan Skadron Udara 6 Lanud ATS kemarin (20/2). Mereka menggunakan helikopter dengan peralatan medis di dalamnya menjemput atlet yang mengalami cedera di Sentul Kabupaten Bogor. Kemudian diangkut dari Sentul ke ATS untuk dilarikan ke Rumah Sakit ATS.

Setelah diturunkan dari helikopter di Lanud ATS, atlet tersebut kemudian diangkut menggunakan mobil ambulans menuju RS Atang Senjaya. Meski begitu, selama perjalanan di pesawat, pasien tetap menerima penanganan sementara dari dokter yang turut ikut di dalam helikopter. ”Kami membawa dokter serta perawat udara,” kata Juniar.

Kini, ada beberapa armada yang disiapkan Lanud ATS untuk peristiwa serupa. Armada tersebut antara lain dua pesawat Super Puma dari satuan Skadron Udara 6, serta dua pesawat Puma dan lima Karakal dari Satuan Skadron 8.(fik)