25 radar bogor

Ajari Siswa Berdemokrasi

DEMOKRASI: Pelajar dari Yayasan Islahul Ummah menunjukkan jari usai melakukan Pemilihan Presiden Ishma, Jumat (16/2).
DEMOKRASI: Pelajar dari Yayasan Islahul Ummah menunjukkan jari usai melakukan Pemilihan Presiden Ishma, Jumat (16/2).

LEUWILIANG–RADAR BOGOR, Yayasan Ishlahul Ummah punya cara sendiri memberikan pem­belajaran berdemokrasi ke seluruh siswanya. Salah satu­nya melalui Pemilihan Presi­den Ishma, Jumat (16/2).

Da­lam kegiatan itu, yayasan melibat­kan seluruh siswa di tiga seko­lah yang dinaunginya, yak­ni SIT Ishlahul Ummah Leuwi­liang, SDITAl Ummah Cigombong, dan SMPIT Al Ishlahul Jasinga.

Menurut Ketua Yayasan Ishlahul Ummah Dadeng Wahyudi, Pemilihan Presiden Ishma ini sudah ketiga kalinya, bahkan dilakukan layaknya pemilihan umum.
”Pemilihan melalui pe­mungutan suara,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Sebelum proses pemilihan, para kandidat juga harus menjalani tahapan penjaringan yang dilakukan semua kepala sekolah dan guru, kampanye hingga proses penyampaian visi-misi. ”Para kandidat ini hanya untuk tingkatan SMPIT.

Tapi yang memilih semua tingkatan, SDIT, SMPIT, dan guru,” terangnya.Menurutnya, proses ini se­ngaja dilakukan untuk mem­berikan pemahaman dan pembelajaran demokrasi kepada siswa.

”Sehingga masyarakat dan siswa nanti tidak kaget lagi. Pemilihan ini diikuti empat kandidat yang lolos pen­jaringan,” imbuhnya.(dkw)