Beranda Metropolis Adu Bakat Menuju Ajang Nasional

Adu Bakat Menuju Ajang Nasional

ISMI/RADAR BOGOR
ADU BAKAT: Para siswa SD di wilayah Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, menampilkan kesenian angklung dalam festival lomba seni yang digelar di tingkat kecamatan, Senin (19/2) lalu.
BOGOR–RADAR BOGOR,Sebanyak 778 siswa SD atau sederajat negeri maupun swasta, memadati kompleks SDN Sindang Barang, (19/2) lalu. Hal tersebut karena Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar Kecamatan (K3SK) Bogor Barat menggelar kegiatan lomba, di antaranya Festival Lomba Seni Siswa Nasional, Olimpiade Sains Nasional, Festival Lomba Literas Nasional, Lomba Bahasa dan Sastra Sunda, serta Calistung Kelas 1, 2, 3.
Ada 25 mata lomba dalam kegiatan tersebut yang diselenggarakan secara bersamaan mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB di SDN Sindang Barang 1, 2, 3, dan 4 itu.
Menurut Ketua panitia kegiatan, Dadang Sudrajat, kegiatan tersebut rutin digelar K3SK Bogor Barat berdasarkan lomba yang juga rutin digelar Kemendikbud setiap tahunnya.
“Kami mencari bibit-bibit unggul yang bisa diajukan untuk ikut lomba tingkat kota. Kemudian jika lolos juga bisa lanjut ke tingkat provinsi lalu nasional,” beber Dadang.
Selain mencari bibit unggul, menurut Dadan, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antarkeluarga besar pendidikan Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor.
“Juga untuk menumbuh­kembangkan generasi penerus yang berkarakter, inovatif, kreatif, terampil, ulet, berbudaya serta berbudi pekerti luhur,” tuturnya.
Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari Camat Bogor Barat, Pupung Purnama. Menurut dia, kegiatan ini mampu mengembangkan karakter generasi muda.
“Permasalahan sekarang ini mudah membangun struktural, tapi justru kita lupa bahwa kita harus menghadapi pemba­ngunan nonfisik yaitu karakter yang tidak bisa disulap sekali jadi, butuh pembiasaan,” katanya.
Dukungan juga diberikan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bogor, Jana Sugiana. Ia bahkan mengumumkan bahwa Disdik menjanjikan para siswa yang berhasil meraih juara minimal di tingkat Kota Bogor dapat masuk ke SMP melalui jalur prestasi.
“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak dan manfaat yang sangat besar bagi siswa SD di Kota Bogor, khususnya di Kecamatan Bogor Barat ini, sehingga mereka bisa berprestasi berdasarkan potensi mereka,” harapnya.(cr1/c)