Beranda Bogor Raya Usung Kelurahan Ramah Lansia

Usung Kelurahan Ramah Lansia

CIBUBUR–RADAR BOGOR, Setelah unggul di bidang kesehatan melalui program ramah anak, Kelurahan Mekarsari tampaknya tidak berpuas diri untuk terus menggencarkan dan meni­ngkatkan kualitas dalam melayani masyarakat.

Kali ini, aparatur wilayah setempat tengah menggenjot program pelayanan Kelurahan Ramah Lanjut Usia (Lansia), yang sangat membutuhkan perhatian, tidak hanya dari keluarga melainkan pemerintah.

Sekretaris Lurah Mekarsari Iqbal Faroid mengatakan, saat ini pihaknya terus menyosialisasikan program tersebut. Usulan- usulan guna menyukseskannya juga sudah diajukan hingga tingkat kecamatan setempat.

universitas pakuan unpak

”Saat ini perencanaan sudah, untuk surat kepu­tusan (SK) terkait ramah lansia juga telah dibentuk. Tinggal menunggu pengesa­hannya, karena Mekarsari sendiri terhitung banyak lansianya,” jelasnya.

Dirinya menuturkan bahwa program tersebut merupakan turunan dari Kota Depok Ramah Lansia. Karena memang melalui pengamatan Pemkot Depok pada lansia ada yang terkesan terbengkalai atau tidak mendapatkan perhatian dari keluarganya. ”Jadi yang perlu digalakkan ini bagaimana warga lansia bisa dipantau dan membuat kegiatan yang memang disesuaikan dengan mereka,” ungkapnya.

Kegiatan-kegiatan yang akan dirancang ke depan, kata Iqbal, yakni senam jantung sehat dan sebagainya. Di situ pun akan dibentuk pengamanan bagi lansia, yang mungkin dibutuhkan, melihat lansia memiliki keterbatasan dalam beraktivitas.

”Jadi mereka tidak merasa ditelantarkan. Sekarang kan ada Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI), yang bergerak cukup lama menaungi lansia. Saya coba untuk bekerja sama dengan beberapa anggota LLI yang kami masukkan di struktur kepengurusan,” jelasnya.

Iqbal berharap, melalui program yang diusung dapat mengakomodir segala kebutuhan para lansia. Dirinya juga meminta kepada seluruh jajaran terkait dapat memaksimalkan program tersebut terkait kebutuhan pelayanan yang disesuaikan dengan visi-misi Kota Depok.

”Februari 2018 akhir, kita launching, untuk saat ini gugus kelurahaan ramah anak sudah berjalan, tinggal ramah lansia kita fokuskan. Kemarin dari beberapa RW sudah kami sosialisasikan,” tuturnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, melalui program-program yang ada dan diterapkan kepada RT dan RW setempat dapat mengakomodir segala kebutuhan masyarakat.

Terlebih lagi program Kelurahan Ramah Lansia tersebut bisa berperan aktif memberikan perhatian khusus kepada lansia, khususnya di daerah Mekarsari. ”Untuk Mekarsari warga lansia persentasinya sekitar 20 persen dari jumlah penduduk yang ada, ” pungkasnya.(cr2/c)