Beranda Berita Utama Tito-Syafruddin Turun Langsung

Tito-Syafruddin Turun Langsung

JAKARTA – Insiden penyerangan terhadap sejumlah tokoh agama dan tempat ibadah menyita perhatian Polri. Bukan hanya menangani setiap kasus dengan kekuatan penuh, pejabat teras dari Trunojoyo bakal turun langsung ke seluruh daerah di Indonesia.

Wakapolri Komjen Syafruddin menyampaikan keterangan tersebut usai memimpin video conference dengan pejabat teras Polri di Jakarta Senin pagi (19/2).

Jenderal polisi bintang tiga itu menyampaikan bahwa dirinya bersama Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian secara bergantian akan memberi arahan langsung kepada para kapolda. ”Besok saya akan berkunjung ke Jawa Barat (Jabar), Jogja (Jogjakarta), dan Jawa Timur (Jatim),” ungkap dia ketika ditanyai kemarin. ”Nanti semuanya akan dikunjungi,” tambah mantan kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) tersebut.

universitas pakuan unpak
Klik Gambar

Kunjungan itu sengaja dilakukan oleh Tito dan Syafruddin dalam rangka meningkatkan pengamanan terhadap pemuka agama dan setiap tempat ibadah. Menurut Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto, langkah itu diambil instansinya guna menindaklanjuti insiden penyerangan yang terus terjadi belakangan ini.

”Menjadi penting karena beberapa waktu lalu ada kejadian-kejadian yang memang faktanya ada penganiayaan kepada tokoh agama,” ucap pria yang akrab dipanggil Setyo tersebut.

Untuk itu, dalam video conference kemarin wakapolri memerintahkan seluruh kapolda menggerakkan para kapolres di daerah masing-masing. Tujuannya, tidak lain agar mereka meningkatkan keamanan setiap tempat ibadah. Semua dilakukan melalui pendekatan tokoh agama.

Khusus di Jabar, Jogja, dan Jatim, Mabes Polri turut turun tangan. ”Mabes Polri mem-back up, serta mengirimkan anggota untuk membantu mengungkap (sampai) tuntas,” terang dia. (syn/)