Beranda Bogor Raya Sepakat Perkuat Kerja Sama

Sepakat Perkuat Kerja Sama

PRAMUKA for RADAR CIBUBUR
KOMPAK: Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault dan Menteri Sosial Idruz Marham didampingi staf masing-masing di kantor Kemensos.

CIBUBUR–RADAR BOGOR, Menteri Sosial RI Idrus Marham ingin memperkuat kerja sama dengan Gerakan Pramuka di berbagai daerah. Meski Gerakan Pramuka tidak berada di bawah naungan Kementerian Sosial (Kemensos) RI, menurutnya, kerja sama bisa dilakukan, apalagi kegi­atan-kegiatan Pramuka memiliki banyak kesesuaian dengan Kemensos.

”Coba kita cari formulanya agar kerja sama dengan Kwarnas Gerakan Pramuka diperkuat lagi. Misalnya, bagaimana setiap kegiatan sosial di daerah itu dilibatkan Pramuka. Itu saya yakin bisa,” ujar Idrus Marham saat menerima kunjungan Kwarnas Gerakan Pramuka yang dipimpin Adhyaksa Dault di Kantor Kemensos, belum lama ini.

Idrus mengungkapkan, selama ini kerja sama yang sudah dibangun dengan Gerakan Pramuka berkaitan dengan penanganan bencana. Kemensos melalui wadah Taruna Siaga Bencana (TAGANA) sering melakukan koordinasi dengan Satgas Pramuka Peduli dan saling membantu dalam hal penanganan bencana.

universitas nusa bangsa unb

”Ya itu yang sudah ada harus diperkuat lagi. Pramuka punya SDM yang kuat di daerah harus kita libatkan dalam setiap penanganan bencana. Jadi, pendekatannya fungsional,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengung­kapkan, Gerakan Pramuka adalah mitra kerja Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Ini tampak pada program-program Gerakan Pramuka yang banyak bersinggungan dengan Kemensos.

”Kegiatan Pramuka memang tidak hanya berkemah. Banyak di luar itu yang selalu bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti penanganan bencana di sejumlah daerah,” jelasnya. (*/cr2/a)