Beranda Pendidikan Ribuan Siswa Amalia Lantunkan Alquran

Ribuan Siswa Amalia Lantunkan Alquran

KOLOSAL: Penampilan sebagian dari siswa-siswi Sekolah Islam Terpadu Amalia pada kegiatan Haflatul Quran.

BOGOR–RADAR BOGOR, Alquran sebagai pedoman hidup umat muslim, tentunya harus diajarkan sejak dini agar dapat membiasakan anak membaca Alquran, terlebih lagi menghafal setiap ayatnya.

Karena di usia emas, anak-anak lebih cepat dalam menangkap atau menghafal sesuatu, khususnya ayat suci Alquran. Melakukannya pun dapat dengan cara yang menyenangkan.

Sekolah Amalia Cibinong misalnya, rutin menggelar kegiatan Haflatul Quran setiap tahun. Menurut ketua penye­leng­­gara kegiatan, Gunawan, kegiatan ini digelar sebagai bentuk rasa syukur sekolah atas keberhasilan siswa dalam menghafal Alquran.

universitas nusa bangsa unb

Karena, setiap siswa di Sekolah Amalia baik TK, SD, dan SMP diwajib­kan untuk menghafal Alquran dengan cara-cara menyenang­kan yang diajarkan guru.

”Namun tiap jenjang atau kelas berbeda, untuk SD sendiri misalnya, siswa kelas satu wajib menghafal tujuh surat di juz 30, kelas dua dari surat Infithor sampai selesai juz 30 ditambah satu surat juz 29, bertambah hingga jenjang berikutnya sehingga diharapkan setelah lulus mereka bisa hafal 6 juz,” beber Gunawan.

Kegiatan dihadiri sebanyak 2.500 peserta yang bersama-sama melantunkan ayat suci Alquran. Salah satunya su­rat Al-Kahfi di Gedung Olahra­ga dan Kesenian Cibinong, Ming­gu (18/2).

”Pesertanya itu siswa TK, SD, SMP Amalia, lalu dihadiri orang tua mereka, tamu undangan, kepala sekolah, guru sekolah negeri dan swasta kabupaten bogor, pengawas dan sekolah-sekolah mitra dari jakarta sebanyak empat sekolah dan dari banten sebanyak lima sekolah,” sebut Gunawan.

Selain itu, siswa juga menam­pilkan pentas seni religi dan Islami baik gerak tari, musik, puisi, drama serta tausiyah. Menurut Gunawan, ada tujuan lain selain memotivasi siswanya dalam menghafal Alquran.

Yakni memberikan apresiasi kepada penghafal Quran, mela­porkan secara langsung kepada orang tua atas keber­hasilan anaknya dalam meng­hafal.

”Menampil­kan bakat siswa melalui krea­tivitas dan seni Islam dan me­­­­­­­­­­num­buhkan apresiasi terhadap seni tersebut, serta mensyiarkan program mengha­fal Alquran kepada sekolah-sekolah di Cibinong maupun masyarakat umum,” kata Gunawan.(cr1/c)