Beranda Bogor Raya Lingkar Dramaga Mulai Dilelang

Lingkar Dramaga Mulai Dilelang

CIBINONG–RADAR BOGOR, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor ak­hirnya bisa bernapas lega. Da­­ri 23 paket yang diajukan ke Unit Layanan Pengadaan Ba­­rang Jasa (ULPBJ), empat paket sudah bisa dilelangkan.

Kepala ULPBJ pada Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bogor Budi Cahyadi Wiryadi menuturkan, awalnya paket lelang milik PUPR ada 16 proyek, namun penambahan tujuh paket.

Dari 23 paket lelang milik PUPR, ada empat paket yang sudah dilelangkan, yakni peningka­tan Jalan Laladon pada ruas Ja­lan Laladon-Kreteg, peningkatan Jembatan Ciapus pada Jalan Lingkar Dramaga, pembangu­nan Jalan Lingkar Dramaga Sek­si I dan peningkatan Jalan Tenjo-Singabangsa.

universitas nusa bangsa unb

”Jika ke empat paket lelang lancar di prediksikan pekerjaan­nya sudah bisa dikerjakan di bulan April,” ujarnya.

Di sisi lain, selama Januari sudah ada 34 paket lelang yang masuk ke ULPBJ. Proyek ter­sebut terdiri dari jasa kon­sul­tasi 15 paket, pengadaan ba­rang 6 paket, pekerjaan konstruk­si 2 paket, dan jasa lainnya 11 paket. ”Angka ini mening­kat jika dibanding dengan Januari 2017, yang hanya 13 paket,” ujar Budi.

Ia mengakui, SKPD yang memasukkan berkas lelang tidak semuanya komplet atau lengkap. ”Kan tahu lengkap atau tidaknya, ketahuan pas dima­sukkan. Yang penting didaftarin dulu. Kalau PPK (pejabat pembuat komitmen) sangat aktif, kami tidak harus mem­beritahu kepala SKPD,” tuturnya.

Lebih lanjut Budi mene­rangkan, SKPD yang dinilai aktif memasukkan ber­kas lelang, di antaranya RSUD Ciawi, RSUD Cibinong, RSUD Leuwiliang, juga Dispora.
SKPD lainnya, menurut Budi, belum aktif memasukkan berkas lelang, meski Bupati Nurhayanti sudah mewanti-wanti untuk segera memasukkan berkas lelang agar proyek pembangunan di Kabupaten Bogor tidak lagi tersendat.

”Bukan malas, kami kan enggak tahu apa yang mereka kerjakan. Kan menyiapkan dokumen enggak sederhana. Kadang kami mengingatkan tidak selalu di kesempatan formal, tapi by phone atau bertemu setelah rapat, diingatkan lagi misalnya soal DED (detail engineering design),” kata Budi.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, jika berkas lelang masuk maka secepatnya dalam tiga hari sudah bisa dilakukan tahapan RPP, atau pembahasan bersama dengan SKPD yang memasuk­kan berkas, agar menghasilkan kesepahaman.(wil/c)