25 radar bogor

Sirkuit Penuh Misteri

Balapan MotoGP

BURIRAM–RADAR BOGOR,Setelah Sirkuit Sepang, Malaysia, Sirkuit Chang International di Buriram, Thailand, menjadi tempat kedua uji coba pramusim MotoGP musim ini.

Para rider dan semua awak tim menjajal sirkuit yang menjadi sasaran serbu komentar miring dari sejumlah pembalap top, mulai kemarin (16/2).

Buriram adalah sirkuit dengan panjang 4,554 kilometer. Dirancang oleh desainer kenamaan Herman Tilke, lintasan bertikungan 12 ini memang memiliki layout yang terbilang sederhana. Layaknya sirkuit-sirkuit modern, trek ini berkarakter cepat dengan banyak trek lurus panjang.

Karena itu, tidak heran jika legenda hidup MotoGP Valentino Rossi menyebut lintasan ini membosankan. ”Tidak banyak tikungan, hanya beberapa trek lurus panjang. Saya rasa itu bukan sirkuit yang bagus untuk disinggahi,” ujarnya.

Dia juga menyebut lokasi trek yang jauh dari keramaian. Jika melalui jalan darat dari Bangkok butuh waktu sekira lima jam.

Satu konsep menarik yang ditawarkan Tilke dengan sirkuit ini adalah kenyamanan bagi penonton. Grandstand berdiri di atas paddock. Dari grandstand ini penonton bisa melihat seluruh bagian trek. Jadi seperti menyaksikan pertandingan sepak bola di dalam stadion.

Sebelum menjadi tuan rumah MotoGP, Buriram sudah lebih dulu didatangi World Superbike (WSBK) pada 2015. Tak seperti Rossi, bintang Kawasaki Jonathan Rea mengatakan, sirkuit ini tidak seburuk yang dibayangkan sebelumnya.

Dia mencontohkan Tikungan 3 hairpin yang menurutnya butuh keberanian dan perhitungan presisi untuk melewatinya. ”Ketika mema sukinya pembalap masih menggunakan gigi 6 (setelah trek lurus) dan kemudian berputar sambil mengurangi gigi sampai 3. Itu asyik sekali,” kenangnya.

Untuk melahap sirkuit ini, lanjutnya, seorang pembalap harus bisa mempertahankan kecepatan tinggi ketika melewati tikungan-tikungan. Konsistensi dalam membuka gas adalah kunci.

Karena baru kali pertama digunakan MotoGP, menjadi menarik melihat apa yang bakal terjadi 16-18 Februari nanti.

Semua tim dan pembalap memulai semuanya dari nol. Tidak satu pun yang memiliki data setingan motor di sirkuit ini.(cak)