Beranda Bogor Raya Jangan Tunggu Ada Korban

Jangan Tunggu Ada Korban

BAHAYA: Bahu Jalan Parakan Kembang terus terkisis karena cuaca buruk dan longsoran belum diperbaiki.

SUKARAJA–RADAR BOGOR,Bahu Jalan Parakan Kembang, Desa Pasirjambu, yang amblas pekan lalu, hingga kini tak kunjung diperbaiki. Masalah tersebut pun menjadi perhatian serius DPRD Kabupaten Bogor.

”Seharusnya ditutup dulu agar tak membahayakan,” ujar Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPPD) DPRD Kabupaten Bogor Usep Saefullah.

Ia mengatakan, pemkab mesti membuat jalan darurat terlebih dahulu. ”Apalagi sekarang rawan bencana. Oleh karena itu, harus ada jalan keluarnya, tidak boleh diam. Paling pen­ting, jangan sampai memba­hayakan,” tegas Usep.

universitas pakuan unpak

Menurutnya, percepatan per­baikan jalan maupun jembatan berlaku untuk semua titik yang rusak. Sekalipun hanya retak-retak, harus segera diperiksa.

Menurutnya, jika pihak terkait beralasan lambannya perbaikan karena proses pencairan ang­garan, tentu bisa ditanggu­langi terlebih dahulu dengan dana darurat. ”Saya pikir itu bisa digunakan, dan tidak ada pe­nyalahgunaan, asal benar. Arti­nya kan pemerintah juga ada dana talangan, sekiranya mem­bahayakan jiwa itu bisa digunakan,” bebernya.

Ia menegaskan, jangan sampai menunggu jatuhnya korban, semua pihak baru sibuk berbenah. Sebelumnya, Kepala UPT Jalan dan Jembatan Wilayah 1 Cibinong Agus Sukwanto mengungkapkan, amblesnya jalan tersebut disebabkan luapan air Sungai Ciliwung.

Ia juga menjamin jalan itu masih bisa dilintasi kendaraan. Sebab, titik ambles bukan berada di tengah, melainkan di bahu jalan. ”Kanan-kiri jalan udah dipasang pengaman,” pungkasnya.(wil/c)