Beranda Ekonomi Dayamart Dongkrak UMKM

Dayamart Dongkrak UMKM

PERESMIAN: Dayamart hadir di sekitar zona Madina Dompet Dhuafa, sekaligus membantu UMKM.

PARUNG–RADAR BOGOR,Dompet Dhuafa tidak hanya membantu masya­rakat di bidang pendi­dikan, kesehatan, dan sosial. Namun, mendorong meningkatkan perekonomian.

Akhir pekan lalu, Dayamart hadir di sekitar zona Madina Dompet Dhuafa. Direktur Utama Dompet Dhuafa Social Enterprise, Iwan Ridwan mengatakan, Dayamart sebagai bentuk usaha pemberdayaan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.

Ia berharap, dapat membantu meningkatkan penyebaran produk-produk ke masyarakat. ”Program Dayamart menem­pat­kan masyarakat miskin se­bagai penerima program,” katanya.

universitas pakuan unpak

Selain membina mustahik untuk belajar bisnis ritel, kata dia, Dayamart juga melakukan pembinaan terhadap warung atau kios sekitar berupa mana­jemen dan modal usaha dalam bentuk suplai barang dengan harga yang lebih murah.

Ia berharap, terbentuk kemandirian kolektif dalam masyarakat. Iwan menegaskan, didirikan di zona Mandina Parung agar menjadi bagian dari model pengembangan dan penguatan ekonomi masjid di kawasan cluster mandiri Dompet Dhuafa Parung berbasis sosial bisnis.

Hasil dari keuntungan kembali didonasikan untuk program perberdayaan duafa sekitar­nya. Lebih lanjut ia mengatakan, target minimarket syariah ini dapat memfasilitasi outlet untuk produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) atau home industry kelompok mandiri dampingan Dompet Dhuafa di kawasan tersebut dan sekitarnya.

Menurutnya, dengan menjamurnya penggiat usaha mikro diharapkan dapat me­rang­sang pertumbuhan pangsa pasar yang tinggi. ”Dayamanrt sudah tersebar berbagai tempat di Indonesia. Pertama kalinya di Padang, Sumatera Barat,” tuturnya.(mer)