Beranda Metropolis Budaya Tionghoa di Tengah Generasi Zaman Now

Budaya Tionghoa di Tengah Generasi Zaman Now

JELANG IMLEK: Vihara Dhanagun di Jalan Suryakancana, Kecamatan Bogor Tengah, bersiap menyambut Tahun Baru Imlek 2569. Berbagai persiapan pun sudah dilakukan kemarin (14/2).

Besok (16/2) merupakan peringatan Tahun Baru Imlek ke-2569. Tokoh Tionghoa Kota Bogor, Arifin Himawan, menjelaskan bahwa ada serangkaian tradisi yang dilakukan etnis Tionghoa jelang perayaan Imlek. Salah satunya, bersih-bersih rumah beberapa hari jelang Imlek.

Pria yang akrab disapa Ahim itu mengungkapkan bahwa tradisi bersih-bersih rumah secara menyeluruh jelang Imlek mulai tak banyak dilakukan oleh etnis Tionghoa.

“Banyak juga generasi yang sekarang sudah mulai menghilangkan tradisi itu. Bersih-bersih satu hari sebelum Imlek. kemudian, dua hari setelah Imlek baru boleh menyapu,” jelasnya kepada Radar Bogor saat ditemui di Vihara Dhanagun, kemarin (14/2).

universitas nusa bangsa unb

Tak hanya itu, kebiasaan lainnya yang dilakukan turun-temurun, antara lain, begadang menyambut Imlek. Hal itu dilakukan sebagai rasa syukur lantaran bisa menginjak di perayaan Tahun Baru Imlek. Baca selengkapnya di Epaper Radar Bogor hari ini(fik/d)