Beranda Metropolis Kelurahan Loji Jadi Kampung Pala

Kelurahan Loji Jadi Kampung Pala

KAMPUNG PALA: Walikota Bogor Bima Arya saat menerima tanaman pala dari warga beberapa waktu lalu (Doni/Radar Bogor)

BOGOR–RADAR BOGOR,Kota Bogor kembali memiliki kampung tematik lainnya, yakni Kampung Pala. Lokasinya di Gang Masjid RT 03/11 Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat.

“Jangan sampai potensi yang ada diambil alih pengembangannya oleh pihak lain. Jika dinas tidak proaktif, perannya akan ’dikudeta’ pihak swasta,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya, Senin (12/2).

Bima berharap peran yang dijalankan pihak swasta dalam mengembangkan potensi masyarakat dijalankan pemerintah bekerja sama dengan pihak swasta.

universitas nusa bangsa unb

“Temukan pengusaha-pengusaha yang berpotensi lalu kita undang pihak swasta untuk bersama-sama mengembangkan potensinya. Saya tidak ingin bimtek hanya sebatas formalitas,” jelasnya.

Sementara itu, Dirut CV Loji Wiwi Puntorini mengatakan inovasi pembentukan Kampung Pala diawali dari kegiatan yang dilaksanakan Laznas Bank Syariah Mandiri mencari UKM-UKM yang layak menerima dana CSR Bank Syariah Mandiri (Laznas BSM Umat) yang bentuk pengembaliannya berupa pemberdayaan masyarakat.

“Kaitannya dengan Palaboo, kita ingin mengembalikan Bogor sebagai kota penghasil pala. Di samping penguatan ekonomi masyarakat melalui buah pala. Bahkan tahun 1980-an pohon pala di sini hilang,” kata Wiwi.

Direktur BSM Putu Rahwidhiyasa menambahkan, untuk tahap awal akan disedia­kan 3.000 pohon dan akan dikawal hingga produksi hingga tiga tahun ke depan.(don/c)