Beranda Bogor Raya Cabai ’Jablay’ Tambah Pedas

Cabai ’Jablay’ Tambah Pedas

PILIH-PILIH: Ibu-ibu saat memilah cabai rawit merah alias ‘jablay’ dari yang kondisinya kurang baik.

CIBUBUR–RADAR BOGOR,Harga kebutuhan pokok di Pasar Induk Cibitung cenderung stabil meski hujan melanda di beberapa wilayah di Indonesia. Namun, untuk cabai rawit merah, mengalami kenaikan harga.

Berdasarkan data dari UPTD Pasar Induk Cibitung, harga cabai rawit merah atau ’jablay’ saat ini dijual Rp40 ribu. Sehari sebelum­nya, cabai jenis tersebut Rp35 ribu per kilogram. ”Tapi kenaikan itu masih normal,” kata Pelaksana UPTD Pasar Induk Cibitung Acep Supriyadi, Selasa (13/2).

Menurutnya, kenaikan harga disebabkan faktor cuaca. Namun ia memastikan stok cabai ’jablay’ di Pasar Induk Cibitung masih aman.

universitas pakuan unpak

”Pasokan cabai rawit merah 35 ton saat ini, itu masih bagus, maka­nya kenaikan harganya juga masih normal. Mungkin daerah lain masih sering hujan, jadi pengi­riman barang agak tersendat,” ucapnya.

Sementara, untuk harga cabai jenis lainnya dan bawang di Pasar Induk Cibitung terpantau normal. Kenaikannya berkisar Rp1.000-Rp2.000 per kilogram.

”Masih stabil semuanya meski sering turun hujan. Tapi kadang yang mahal harga kebutuhan itu pas di pedagang eceran,” katanya.

Untuk kebutuhan pokok, seperi cabai dan bawang merah, dipasok dari berbagai daerah. Seperi Surabaya, Madura, dan Brebes. Sedangkan untuk bawang putih dipasok dari Tiongkok.(enr/poj