25 radar bogor

Birrul Waalidain Bimbing Jamaah Haji

TAMU ALLAH: Jamaah umrah yang dibimbing Birrul Waalidain.

BOGOR–Sebagai lembaga pendidikan, Yayasan Perguruan Birrul Waalidain tidak berhenti membagikan ilmu pengetahuan yang mereka miliki.

Selain kepada siswa, guru, maupun karyawannya, kini masyarakat pun ikut merasakan dampaknya. Pasalnya, Januari lalu Yayasan Perguruan Birrul Waalidain aktif memberikan bimbingan pada jamaah haji maupun umrah.

Ketua Yayasan Birrul Waalidain Memed Jalaludin mengatakan, sebenarnya bimbingan seperti ini telah dilakukan Yayasannya sejak 2016.

“Namun sebelumnya hanya membimbing jamaah dari internal yayasan yang memang kami berangkatkan umrah karena prestasi kerja mereka. Dan baru tahun ini membimbing masyarakat di luar yayasan,” katanya.

Jadi, ia menambahkan, 16 jemaah umrah yang berangkat pada 30 Januari dan tiba 7 Februari tersebut merupakan angkatan pertama yang mereka bimbing.

“Kami membimbing mulai dari membuat paspor, mengurus rekomendasi dari Kementerian Agama, hingga teknisteknis ibadah. Jadi saat mereka beribadah, mereka sudah siap,” katanya.

Memed mengaku, selanjutnya akan melakukan bimbingan lagi pada April. Menurutnya, kegiatan bimbingan ini dilakukan atas dasar kerja samanya dengan pihak travel umrah dan haji.

“Jadi orientasinya bukan bisnis, tapi murni untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat,” tuturnya.

Sekali gus, Memed mengatakan, untuk memperdalam ilmu guru-guru di yayasan perguruan Birrul Waalidain mengenai umrah dan haji. ”Karena guruguru sudah praktik langsung, sehingga lebih mudah mengajarkan kepada anak-anak, dan anak-anak juga relatif lebih mengerti,” tukasnya.(cr1/c)