Beranda Bogor Raya Perlakukan Anak dengan BBM

Perlakukan Anak dengan BBM

PARENTING: Foto bersama panitia usai berbagi tips mendidik anak di era digital.

CIBUBUR–RADAR BOGOR, Mewujudkan sinergitas orang tua murid dengan pihak sekolah dalam mewujudkan lingkungan yang nyaman serta kondusif bagi anak, Jamiyah se-KB/TK Islam Al-Azhar 20 Cibubur periode 2017– 2018 mengadakan seminar parenting bertema Tips dan Trik Mendidik Anak di Era Digital. Kegiatan tersebut berlangsung di Emeralda Golf Club Cimanggis, Kota Depok, akhir pekan kemarin.

Adapun sasaran dari kegiatan tersebut yakni para orang tua murid Al-Azhar jenjang KB/TK, SD, SMP serta SMA. Materi yang disampaikan pun berupa pengingat orang tua tentang bagaimana cara mengasuh anak yang ideal disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Seminar kali ini turut menghadirkan pembicara sekaligus psikolog dan Direktur Pelaksana Yayasan Kita dan Buah Hati Elly Risman Musa.

universitas nusa bangsa unb

Di hadapan ratusan peserta, ia menyampaikan sekelumit materi terkait kekeliruan orang tua dalam berkomunikasi dengan anak. Menurutnya, anak adalah amanah yang perlu diperlakukan secara baik, benar dan menyenangkan (BBM).

Psikolog ternama Elly Risman

Lanjut dia, seba­gai orang tua perlu juga untuk mengendalikan emo­si yang menciutkan jiwa anak. “Berbicara dengan nada rendah juga perlu, karena anak yang diteriaki akan berteriak balik ke jiwa orang tuanya,” tuturnya.

Menanggapi perkembangan teknologi, terkait gadget yang penggunaannya tidak melibatkan pengawasan orang tua, dirinya menjelaskan, banyak hal negatif jika gadget diberikan terlalu dini kepada anak.

Pasalnya, dampak candu pada game yang berada di dalam gadget memberikan perubahan kepada anak. “Perlunya pengajaran reaksi sentuhan maupun pada orang sekeliling untuk anak kita,” jelasnya.

Elly menungkapkan, melalui fenomena yang ada, para orang tua juga harus menarik kesimpulan untuk memperhatikan pengajaran yang salah kepada anak selama ini.

Kata Elly, harus ada kesepakatan mengenai pedoman berupa program pengasuhan anak yang baru. “Evaluasi berkala terkait pengasuhan juga penting. Terlepas itu, perlu juga memperhatikan pergaulan sang anak serta melatihnya untuk melindungi diri dan balut ikhtiar dengan doa,” tandasnya.(cr2/c)