Beranda Bogor Raya Perbaikan Makan Waktu Sepuluh Hari

Perbaikan Makan Waktu Sepuluh Hari

Sofyansyah Radar Bogor
AKAN DIPERBAIKI: Jalur kereta Bogor-Sukabumi di Desa Warungmenteng, Kecamatan Cijeruk yang longsor pekan lalu akan diperbaiki.

CIJERUK–RADAR BOGOR, Perbaikan jalur perlintasan kereta api yang mengarah ke Sukabumi mulai dikerjakan pascalongsor di Desa Warungmenteng, Keca­matan Cijeruk, pekan lalu. Jalur menjadi lumpuh akibat rel yang menggantung tanpa penahan beban.

Senior Manager PT KAI Daops I Jakarta, Sukamto men­jelaskan, butuh waktu lebih dari 10 hari untuk mem­benahi perlintasan tersebut. Menurutnya, rel harus dipa­sangi tiang baru sebagai pe­nyangga. Saat ini, pihaknya sudah memasang konstruksi darurat untuk menopang rel tersebut.

“Kami buat dari baja dengan bentangan 12–30 meter. Saat ini kan evakuasi korban sudah selesai, maka kami dengan unit perbaikan rel langsung bekerja,” katanya kepada Radar Bogor.

universitas nusa bangsa unb

Ia menjelaskan, apabila cuaca normal dan tak turun hujan, ditargetkan pengerjaan rampung hanya dalam waktu tujuh hingga sepuluh hari. Setelah rangka baja sebagai penopang rel terpasang, maka alur kereta bisa kembali normal. “Namun, harus tetap dengan kecepatan yang standar,” ucapnya.

Sukamto mengatakan, ada 35 titik rawan longsor sepanjang rel KA Bogor–Su­kabumi atau sebaliknya. Yang paling banyak, berada di antara Stasiun Maseng hingga Stasiun Cicurug. (dka/c)