Beranda Bogor Raya Komitmen Wujudkan Adiwiyata Berkelanjutan

Komitmen Wujudkan Adiwiyata Berkelanjutan

LESTARIKAN LINGKUNGAN: Perwakilan dari DLH Kabupaten Bogor dan keluarga besar An Nahl Islamic School ketika menjelaskan tentang pentingnya menjaga lingkungan dimulai dari sekolah.

CIBUBUR–RADAR BOGOR, Permasalahan lingku­ngan hidup merupakan tanggung jawab bersama maupun individu, sehingga peran serta dalam melestarikan lingku­ngan perlu digalakkan meski sese­d­er­hana mungkin.

An Nahl Islamic School melalui sosialisasi program Adiwiyata dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor pun menanamkan kepada siswa-siswinya untuk memperhatikan lingkungan hidup sejak usia dini.

Direktur Utama An Nahl Islamic School, Achmad Zamroni menu­turkan, program tersebut akan diapli­kasikan mulai dari lingkungan sekolah terlebih dahulu. Ia berha­rap, melalui lingkungan terdekat bisa berimbas di mana pun para siswa berada nantinya.

universitas nusa bangsa unb

“Ini meru­pakan salah satu cara kami menge­dukasi siswa untuk peduli dengan lingkungan hidup sekitar. Melihat An Nahl merupakan sekolah dengan lahan yang luas di wilayah Cibubur dan sekitarnya, sehingga kami memulai hal tersebut dari sini dulu,” katanya.

Sementara itu, perwakilan DLH Kabupa­ten Bogor, Ade Iwan menje­laskan, permasalahan lingkungan hidup harus diatasi secara terstruk­tur, sistematis, masif serta berkelan­jutan.

Lanjut dia, sekolah merupa­kan agen peru­bahan yang memiliki kontribusi besar dalam pengelolaan lingku­ngan. “Jadi, perlu adanya sinergi dari berbagai pihak dalam menyele­saikan masalah lingkungan dan adanya komitmen bersama untuk mewujudkan Sekolah Adiwiyata secara berke­lanjutan,” kata dia.

Melanjutkan pelestarian lingku­ngan hidup, Ketua Tim Program Pengembangan Adiwiyata An Nahl Islamic School, Agus Salim menga­takan, ada tiga hal yang menjadi tujuan dari program tersebut.

Yakni terciptanya tiga budaya, tumbuhnya kepedulian terhadap lingkungan di kalangan warga sekolah, kemudian meraih penghargaan Adiwi­yata Mandiri. Di samping itu, potensi alam sekitar An Nahl juga berperan menjaga keseim­bangan ekosistem.

“Insyaallah, dalam mendukung suksesnya program ini, sekolah akan membuat kebun Quran, pelestarian tanaman langka, dan pembuatan tanaman hidroponik,” pungkasnya.(cr2/c)