Beranda Berita Utama Indonesia, Raja Asia!

Indonesia, Raja Asia!

JPG
JUARA ASIA: Tim beregu Indonesia dalam sesi foto bersama usai menjalani laga final di Sultan Abdul Halim Stadium, Alor Setar, Malaysia, tadi malam.

ALOR SETAR-RADAR BOGOR, Indonesia sukses mempertahankan gelar pada Kejuaraan Beregu Asia. Pada final yang berlangsung di Sultan Abdul Halim Stadium, Alor Setar, Malaysia, tadi malam, Merah Putih mengandaskan Tiongkok dengan skor 3-1.

Kejuaraan Beregu Asia memang baru berlangsung dua kali setelah vakum sejak edisi 1993. Dan, pada turnamen edisi 2016 di Hyderabad, India, Indonesia juga menjadi juara setelah membekap Jepang dengan skor 3-2 di partai puncak.

Tanda-tanda kemenangan Indonesia tampak sejak awal. Ketika pada partai pembuka, tunggal terbaik nasional Jonatan Christie secara heroik mengalahkan Shi Yuqi dengan skor 16-21, 21-17, 21-18.

universitas pakuan unpak

Negeri Panda memang tidak bermain dengan kekuatan terbaik. Sebab, dua tunggal terbaik Tiongkok, Chen Long dan Lin Dan, tidak bermain pada ajang tersebut.

Namun, Shi Yuqi yang menempati peringkat ketujuh dunia tentu saja bukan lawan yang mudah bagi Jojo –panggilan Jonatan Christie– yang menempati ranking ke-13 dunia. Pada set ketiga atau penentuan, Jojo sudah di ambang kekalahan ketika tertinggal 14-18.

Namun, keberuntungan kecil berpihak kepada pebulu tangkis 20 tahun itu. Tepatnya ketika Shi Yuqi terpeleset dan tangan kanannya sakit. Meski bisa melanjutkan pertandingan, Shi Yuqi tampak tidak bermain pada level terbaiknya.

Sebaliknya, Jojo tidak terbendung, mencetak delapan poin beruntun, dan memungkasi pertandingan menegangkan itu dengan kemenangan. Jojo memang tampil luar biasa dalam turnamen tahun ini. Dalam enam pertandingan sejak fase grup, Jojo selalu meraih kemenangan.

’’Waktu angka 13-18 itu saya ingat Firman (Abdul Kholik di semifinal melawan Korea Selatan, Red). Dia waktu itu bisa menang dari ketinggalan 14-20, saya juga bisa,’’ kata Jojo sebagaimana dilansir dari situs resmi PP PBSI.(c4/nur)