Beranda Female Fasilitasi dan Elaborasi Dunianya

Fasilitasi dan Elaborasi Dunianya

Retno Lelyani Dewi
Psikolog Keluarga

Lalu bagaimana agar kecerdasan anak bisa terasah dan orang tua mencintainya dengan hati? Langkah kelima, orang tua harus memfasilitasi anak untuk mengelaborasi dunianya.

Di antaranya, lanjut Retno, dengan ide-ide kreatif, bisa dieksplorasi atau dicoba, orang tua dilarang ‘capek’, ajak anak bersama mencari tahu jawaban atas pertanyaannya.

Dalam mendidik anak dan mengelaborasi dunianya, kata Retno, orang tua harus menghindari tiga hal. Yakni, inkonsistensi, membandingkan, dan intervensi. “Ketika melatih disiplin atau dalam memberikan hukuman dan ganjaran, orang tua harus konsisten, tidak boleh berubah dan berbeda sikap antara ayah dan ibu,” tambahnya.

universitas nusa bangsa unb

Karena setiap anak itu cerdas dan berbakat, orang tua juga dilarang untuk membandingkan satu anak dengan anak lainnya. Meskipun itu di antara kakak dan adik.

Begitu pun dengan aturan yang dibuat, orang tua juga tidak boleh melanggar atau mengintervensi kesepakatan yang dibuat.

Penting untuk dicamkan para orang tua, tegasnya, setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan dan itu sudah satu paket. “Dan anak adalah amanah, karenanya sebagai orang tua emban amanah itu sebaik-baiknya,” pungkasnya.(pia)