Beranda Bogor Raya Buka Galeri di Empat Kecamatan

Buka Galeri di Empat Kecamatan

Sofyan/ Radar Bogor
POTENSI: Pengrajin sepatu di Kecamatan Ciomas terus berkembang, namun tetap harus didukung pemerintah.

CIBINONG–RADAR BOGOR, Ada lebih dari 670 ribu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Bogor, tetapi fasilitas yang disediakan pemerintah masih terbatas.

Namun, tahun ini Pemkab Bogor meng­gelontorkan Rp200 juta untuk menyewa ruko di Kecamatan Ciampea, Parungpanjang, Ciomas, dan Gunungputri sebagai galeri.

“Lokasinya sudah dicari, nanti kami yang menyewa tempatnya, bukan membangun gedung,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor, Ronny Sukmana.

universitas pakuan unpak

Lebih lanjut ia mengatakan, lokasi berbeda dipilih sebagai perwakilan dari empat penjuru berbeda. “Sewa untuk satu gedung setahun kira-kira Rp40 hingga Rp50 juta, luasnya 4 x 6 meter,” tuturnya.

Untuk pemilihan jenis UMKM yang ditempatkan, kata dia, nantinya forum UMKM Kecamatan yang akan menga­tur. Ronny mengaku, pihak­nya belum menyurvei UMKM ma­na saja yang akan ditempat­kan. “Tidak mudah, uang ada tapi tempat belum ada,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ronny me­ngungkapkan, dari semua UMKM yang ada, hanya 10–15 persen yang sudah berizin atau memiliki legalitas. “Modalnya kecil. Tapi, kontribusi dalam membuka lapangan pekerjaan sangat besar,” katanya.(wil/c)