25 radar bogor

Ruang Kelas Kembali Ambruk

rani/radar bogor RAWAN: Kondisi sekolah di tepi sungai yang terus tergerus air.
rani/radar bogor
RAWAN: Kondisi sekolah di tepi sungai yang terus tergerus air.

LEUWILIANG–RADAR BOGOR, Kondisi bangunan SDN Kampung Tengah saat ini memprihatinkan. Sejak Selasa lalu (6/2), tanah sekolah terus tergerus air hingga mencapai 3 meter. Menghantam bangunan yang baru diperbaiki. Tiang bangunan pun tergerus dan terbawa air. Hal ini diungkapkan Kepala SDN Kampung Tengah, Atori.

Keadaan ini dikatakannya ketika wilayah Desa Puraseda dan semua wilayah Bogor diguyur hujan deras sepanjang hari. Akibatnya, Kali Puraseda yang tepat berada di samping sekolah meluap hingga ke halaman sekolah.

Ia mengatakan, satu ruang kelas yang baru dibangun kembali ambruk terbawa air. ”Di bawah tanah sekolah ujung pun, ke bawahnya sudah kosong 2 meter, rawan longsor. Sangat mengkhawatirkan,” katanya.

Namun, Atori mengatakan, jika tidak hujan deras, kegiatan belajar mengajar terus dilakukan mengingat masih ada tiga ruang kelas yang masih digunakan.

Sedangkan jika hujan sudah mengguyur wilayah Puraseda seharian, siswa pun dipulangkan. ”Ya, KBM masih memanfaatkan ruang kelas yang masih bisa digunakan dan tidak bahaya untuk dipakai.

Tapi kalau hujan deras terus, kami memulangkan anak-anak agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Atori. Yusep, anggota BPD RT 2/3 Kampung Tengah menambah-kan, beberapa kali, anak-anak terpaksa mengungsi ke salah satu pesantren.(ran/c)