Beranda Bogor Raya Pramuka Diminta Belajar Menulis pada Wartawan Senior

Pramuka Diminta Belajar Menulis pada Wartawan Senior

DOK PRAMUKA FOR RADAR CIBUBUR
APRESIASI PERS: Para pengurus dan anggota Kwarnas Gerakan Pramuka foto bersama usai pelatihan tentang media sosial, akhir tahun lalu.

CIBUBUR–RADAR BOGOR, Kemarin (9/2) , masyarakat Indonesia memperingatinya sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault berharap, Pramuka seluruh Indonesia belajar menulis kepada jurnalis senior.

”Yang paling penting saya ingatkan adalah jangan pernah berhenti belajar, undang wartawan senior di daerah untuk memberikan ilmu tentang bagaimana menulis dan bermedia sosial,” ujar Adhyaksa Dault di Jakarta, Jumat (9/2).

Hal itu penting dilakukan Pramuka di daerah-daerah seluruh Indonesia. Dengan begitu, kata Adhyaksa, berita di website-website Gerakan Pramuka dan apa yang dilakukan Pramuka di media sosial benar dan bermanfaat.

universitas pakuan unpak

Menurutnya, profesi jurnalis kini sudah menjadi salah satu idaman anak muda. Banyak anak muda yang kepincut menjadi jurnalis. Ada yang mendaftar menjadi wartawan resmi, ada juga yang menjadi jurnalis di saat musim liburan (jurnalis warga).

”Sejak dulu profesi jurnalis ini sangat menentukan cara berpikir dan bertindak. Kita patut berterima kasih kepada para jurnalis yang menggelorakan semangat juang, memberitakan hal yang benar,” kata Adhyaksa.

Ia mengatakan, sekarang setiap Kwarda mempunyai website, dan setiap Pramuka memiliki media sosial. Ada 34 Kwarda seluruh Indonesia, maka setidaknya ada 34 website Kwarda.

Ada 514 Kwarcab seluruh Indonesia, maka setidaknya ada 514 website Kwarcab. Jadi, jumlah website Kwarda dan Kwarcab seluruh Indonesia setidaknya ada 548. ”Itu baru Kwarda dan Kwarcab, belum Kwarran, Gudep, dan lain-lain. Jadi, potensi Pramuka ini luar biasa,” ungkapnya.

Karena itu, kata Adhyaksa, Kwarnas Gerakan Pramuka di bawah kepemim­pinannya memiliki tagline “Setiap Pramuka adalah Kantor Berita.” Kwarnas Gerakan Pramuka adalah salah satu organisasi yang pertama kali membentuk Tim Siber di Indonesia, yaitu 2014.

Pada 2017, fokusnya adalah mendorong setiap Pramuka membuat konten, dengan tiga kegiatan utama yaitu (1) mengadakan pelatihan, (2) mengadakan lomba dan tantangan, serta (3) kampanye tagline “Setiap Pramuka adalah Kantor Berita”, di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur.

Adhyaksa menambahkan, Kwarnas Gerakan Pramuka kembali menggelar kompetisi membuat video dengan tema ”Bakti Gugus Depan (Gudep) untuk Indonesia”. Lomba ini diadakan untuk menggali kreativitas Pramuka khususnya di tingkat Gudep, dalam pengabdian membangun negeri.(*/cr2/a)