Beranda Olahraga Arena Ju-jitsu Target Dua Perunggu

Ju-jitsu Target Dua Perunggu

ILUSTRASI
MMA: Dua atlet ju-jjitsu Indonesia bertanding di salah satu kejuaraan.

JAKARTA–RADAR BOGOR,Pemantapan terus dilakukan Arena Mix Martial Art (MMA) Indonesia guna menyong­song Asian Games 2018 sebagai multievent terbesar tingkat Asia yang akan bergulir di Jakarta dan Palem­bang, 18 Agustus–2 Septem­­ber mendatang.

Itu sebagai langkah dan upaya dari Arena MMA Indonesia untuk mencapai target yang dicana­ngkan pada gelaran multievent empat tahunan Asia yang berlangsung di negeri sendiri.

MMA Indonesia mempunyai ambisi untuk meraih dua perunggu dalam cabang olahraga (cabor) Ju-jitsu. Perunggu dinilai sebagai hal lumrah menyusul cabor tersebut masih belum lama didirikan. Meski terbilang baru, setidaknya Ju-jitsu mampu berbicara kepada masyarakat Indonesia bahwa olahraga tersebut bisa masuk ke dalam salah satu andalan tuan rumah dalam mendulang medali.

universitas pakuan unpak

“Cabor ini sebenarnya sudah lama di luar Indonesia. Namun kalau di Indonesia sendiri baru hadir kurang lebih satu tahun. Tapi, kita tetap mem­punyai target di Asian Games dengan mem­bidik dua peru­nggu,” kata Subhan Prasandra selaku Sekjen Jujitsu, beberapa waktu lalu.

Demi menggapai hal tersebut, saat ini pihaknya telah melak­ukan pemusatan latihan nasio­nal (pelatnas) di bilangan Patal Senayan, Jakarta, mulai Januari sampai Maret menda­tang. Selanjutnya, para atlet akan terbang ke Abu Dhabi guna memantapkan performa dalam program trainning camp (TC). Di sana, tim Ju-jitsu Indonesia akan TC selama 2-3 pekan.

Abu Dhabi terpilih bukan tanpa alasan. Pasalnya, negara tersebut sebagai “kiblat” dari cabor Ju-jitsu. Cabor tersebut nantinya akan mem­pertan­dingkan delapan nomor pada gelaran Asian Games XVIII/2018 yang ber­langsung di Jakarta Convention Center (JCC).

Selanjutnya, untuk meman­tapkan target, Arena MMA In­donesia pun akan melakukan seleksi tahap akhir, Maret mendatang. “Seleksi nasional sendiri sebenarnya sudah lama.

Tetapi, kita akan lakukan seleksi akhir pada Maret mendatang. Mungkin sebelum atau sesudah TC (di Abu Dhabi). Satu nomor ada 2 atlet. Dan kita ada 8 nomor. Jadi, sekitar 16 atlet akan kita turunkan,” jelas dia.(ind)