Beranda Politik 214 Petahana Mencalon Lagi di Pilkada Serentak

214 Petahana Mencalon Lagi di Pilkada Serentak

 

BOGOR-RADAR BOGOR, Pelaksanaan Pe­milihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 bakal dilaksanakan di 171 daerah. Termasuk di dalamnya ada 214 petahana yang kembali mencalonkan diri.

Usep Hasan Sadikin dari rumahpemilu.org mengatakan, dalam Pilkada serentak 2018 tidak bisa dimungkiri bahwa seorang petahana (incumbent/pejabat publik) masih memiliki kekuatan besar untuk ikut mencalonkan diri. Mulai gubernur, wakil gubernur, wali kota, wakil wali kota, bupati, dan wakil bupati.

”Berdasarkan infopemilu.kpu.goid, sampai 31 Januari, ada 212 petahana yang mencalonkan lagi di Pilkada serentak 2018. Namun info yang saya dapat sampai hari ini ada 214 petahana,” kata Usep Hasan Sadikin saat diskusi Petahana dan Koalisi Partainya di Pilkada 2018 yang diselenggarakan Perludem di D’Hotel Jakarta Selatan, Kamis (8/2).

universitas pakuan unpak

Secara rinci, dari 214 petahana ini, 126 berstatus sebagai kepala daerah dan 88 sebagai wakil kepada daerah. Enam di antaranya menjabat gubernur dan sembilan wakil gubernur. Selanjutnya, 34 wali kota, 23 wakil wali kota, 119 bupati dan 103 wakil bupati. Semuanya menyebar di 17 provinsi, 35 kota, dan 115 kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2018.

Sementara itu, meski diikuti banyak petahana, berkaca pada pilkada serentak sebelumnya, banyak dari mereka justru kalah. Masih hangat adalah tumbangnya calon petahana Ahok pada Pilkada DKI dan Rano Karno di Provinsi Banten.

Fenomena kalahnya calon petahana yang dinilai kuat ini diprediksi akan terjadi pada Pilwalkot Bogor 2018. Apalagi, pemilih di Kota Hujan dinilai lebih cerdas dan cair.

Pengamat Politik Yusfitriadi berpenda­pat fenomena saat ini banyak calon petahana yang dinilai kuat bisa tumbang dengan penantang baru. ”Pemilih Bogor lebih cerdas dan lebih cair untuk menentukan figur wali kota yang akan datang,” kata dia.(ded/ ndu)