25 radar bogor

Waspada Longsor Selama Februari

ilustrasi

JAKARTA–RADAR BOGOR, Badan Nasional Penang­gu­langan Bencana (BNPB) merilis peringatan din­i longsor terhadap wilayah Jawa, terutama yang berdekatan dengan wilayah pegu­nungan dan perbukitan.

Kapusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa sesuai dengan prediksi BMKG, hujan berintensitas tinggi akan berlangsung hingga 2019 mendatang. Puncaknya terjadi selama Februari. ”Dalam periode ini, potensi banjir, longsor, dan puting beliung akan meningkat,” katanya kemarin (8/2).

BNPB mencatat, selama tahun 2018, telah terjadi 275 bencana yang menyebabkan 30 jiwa meninggal dan hilang, 66 jiwa luka, dan membuat 153.183 jiwa diungsikan.
Sementara dari sisi kerugian materiil, berbagai bencana tersebut telah merusak 10.254 unit rumah. Sekitar 1.315 unit di antaranya rusak berat, 2.801 unit rusak sedang, dan 6.138 unit rusak ringan. Ditambah 92 bangunan fasilitas umum rusak.

Sejauh ini, kata Sutopo, tanah longsor adalah bencana yang paling mematikan. Sejak 1 Januari 2018 hingga 7 Februari 2018, longsor sudah menelan 109 nyawa.

Diikuti puting beliung dengan korban 5 orang, serta banjir dengan korban 3 orang. ”Sisanya kombinasi banjir dan longsor 2 orang dan gempa 1 orang,” jelasnya.

Selama Februari, potensi longsor di Pulau Jawa meluas. Terutama di daerah-daerah yang memiliki topografi berupa pegunungan dan perbukitan, serta lereng-lereng tebing yang di bawahnya banyak berdiri permukiman. ”Wilayah ini me­manjang di Jawa bagian tengah hingga selatan,” katanya.

Dari peta potensi longsor yang dirilis Pusat Vulkanologi dan Miti­gasi Bencana Geologi (PVMBG), pada Februari 2018, wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur adalah daerah yang memiliki potensi paling ba­nyak dari ancaman longsor.

Di Jawa Barat, daerah rawan longsor meliputi Kabupaten Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Bandung Barat, Bandung Selatan, Purwakarta, Garut, Sumedang, Kuningan, dan Tasikmalaya.

Sedangkan di Jawa Tengah, daerah rawan longsor terdapat di Kabupaten Banjarnegara, Cilacap, Purwokerto, Purworejo, Pekalongan, Temanggung, Se­marang, Karanganyar, Tegal, Wonogiri, Magelang, Purbalingga dan Boyolali.

Sementara di Jawa Timur, kata Sutopo, tersebar di wilayah Kabupaten Ponorogo, Trenggalek, Malang, Pacitan, Mojokerto, Jember, dan Banyuwangi.

Sutopo mengingatkan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaannya. Sangat penting mengenali lingkungan sekitar dan tanda-tanda akan terjadinya longsor. Jika perlu, masyarakat bisa memeriksa adanya retakan tanah di bukit yang merupakan cikal bakal dari mahkota longsor. ”Saat hujan lebat, waspadalah. Jika perlu mengungsi sesaat ke tempat aman,” Pungkasnya.(tau)