Beranda Metropolis Disnaker Harus Fasilitasi Semua Perusahaan

Disnaker Harus Fasilitasi Semua Perusahaan

BOGOR–RADAR BOGOR, Lowongan kerja Transmart Carrefour yang difasilitasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bogor menuai polemik. Sebab, dengan hanya mengakomodir satu perusahaan yang juga bermasalah di Kota Bogor, Disnakertrans Kota Bogor dinilai tebang pilih.

Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Bogor, Muzakir, menyambut baik niatan Disnakertrans Kota Bogor yang bersedia memfasilitasi perusahaan swasta untuk membuka lowongan kerja. Namun, ia menyayangkan lantaran Disnakertrans tidak memfasilitasi perusahaan di Kota Bogor secara menyeluruh.

“Harusnya Disnaker menginformasi ke semuanya, bagaimana caranya bisa memfasilitasi orang Bogor yang bekerja di perusahaan-perusahaan yang ada,” jelasnya kepada Radar Bogor, kemarin.

universitas pakuan unpak

Malah, ia mengusulkan agar permberlakuan itu diwajibkan oleh Disnaker. Sehingga, semua perusahaan yang ada di Kota Bogor bisa diprioritaskan untuk warga Bogor.
“Mungkin itu tidak diwajibkan oleh disnaker. Harusnya kalau menurut saya diwajibkan. Karena kan buat memonitor bahwa yang bekerja segala macam itu asli orang Bogor,” cetusnya.

Sebagai pengusaha, ia menganggap apa yang dilakukan Transmart bersama Disnakertrans Kota Bogor bukan sesuatu yang menyalahi aturan. Sebab, meski pihak Transmart belum mengurus izin proyeknya yang di Jalan Raya Tajur, Kecamatan Bogor Timur, tapi tetap bisa mengakomodir karyawan untuk di Transmart-Transmart lokasi lain. “Kalau memang tidak jadi dibuka, bisa dialokasikan ke unit-unit bisnis dia yang lain,” katanya.

Kini, ia menunggu Disnakertrans bisa menyosialisasikan terkait fasilitas penyedia lowongan kerja ke perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Bogor. “Kalau saya pada prinsipnya setuju, bagaimana perusahaan-perusahaan yang ada di Bogor lebih mengutamakan orang Bogor,” tukasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, meski tergolong dalam perusahaan bermasalah di Kota Bogor, rupanya Pemkot Bogor malah ‘menjamu’ Transmart Carrefour. Sebab, Disnakertrans Kota Bogor memfasilitasi rekrutmen karyawan dengan metode publikasi.

Selebaran rekrutmen itu beredar di media sosial dengan judul ‘Bergabunglah Bersama Kami’. Selebaran berlogo Disnakertans Kota Bogor itu berisi ajakan kerja di Transmart Bogor yang hingga kini bangunannya belum rampung.(fik/c)