Beranda Politik 53.865 Dukungan Edgar Terverifikasi

53.865 Dukungan Edgar Terverifikasi

KOMPAK: Ketua KPU Undang Suryatna bersama komisioner dan anggota KPU Kota Bogor berfoto bersama usai rapat pleno, kemarin (8/2).

BOGOR-RADAR BOGOR, Bakal calon pasa­ngan (bapaslon) wali kota dan wakil wali kota Edgar Surat­­man dan Sefwelly Gynan­jar Djoyodiningrat akhirnya bisa bernapas lega. Hasil pemeriksaan perbaikan berkas yang dilakukan KPU Kota Bogor memutuskan, pasangan yang maju di Pilwalkot Bogor melalui jalur perseorangan itu, lulus verifikasi faktual.

Ketua KPU Kota Bogor, Un­dang Suryatna mengatakan, sebanyak 53.865 berkas duk­ungan pasangan Edgar-Sefwelly sudah memenuhi syarat wajib untuk maju di Pilwalkot Bogor 2018. “Jumlah dukungan yang mengalami perbaikan sebanyak 3.306.

Jumlah ini naik dua kali lipat di masa perbaikan. Sehi­ngga total berkas dukungan yang diverifikasi faktual sebanyak 6.612 dukungan,” ujar Undang usai melakukan rapat pleno di tingkat KPU, kemarin (8/2).

universitas pakuan unpak

Undang menjelaskan, dari 6.612 jumlah berkas dukungan yang disetorkan ke KPU, hasil penelitian administrasi me­nyatakan 10 dukungan tidak memenuhi syarat dan adanya data ganda sebanyak 17 dukungan. Maka, total yang tak memenuhi syarat sebanyak 27 berkas dukungan. “Jadi, yang diserahkan dalam perbaikan hanya 6.585 dukungan,” ucapnya.

Adapun hasil verifikasi faktual, kata dia, sebanyak 401 berkas dukungan dinyata­kan tidak memenuhi syarat. Jadi, total keseluruhan yang meme­nuhi syarat, jika dijumlah dengan total berkas yang telah diverifikasi faktual sebelumnya, sebanyak 53.865 dukungan. “Dengan demikian, syarat duku­ngan bakal calon pasangan Edgar-Sefwelly dianggap terpe­nuhi dan dapat dinyatakan meme­nuhi syarat,” bebernya.

Undang menambahkan, syarat utama pasangan yang maju melalui jalur perseora­ngan tersebut sudah tidak mengalami kendala dan dapat diikutsertakan dalam kontes­tasi Pilwalkot Bogor 2018.

Setelah tahapan ini dilalui, KPU akan melakukan verifikasi terhadap syarat seluruh bakal calon pasangan yang men­daftar ke KPU. “Pada 12 Feb­ruari 2018 kami akan umum­kan pasangan calon yang meme­nuhi syarat, baik dari partai politik maupun jalur perseo­rangan,” tambah­nya.

Dalam tahapan verifikasi faktual terhadap pasangan Edgar-Sefwelly, Undang mengaku ada beberapa kendala yang kerap dihadapi petugas verifikasi sehingga ada berkas dukungan yang dinyatakan tak memenuhi syarat. “Seperti dukungan yang berstatus TNI/Polri dan PNS atau tidak bisa dihadirkan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Tim Pemenangan Edgar-Sefwelly, Iwan Syah, semakin optimistis dapat memenangkan kontestasi Pilwalkot Bogor 2018. Ber­dasar­­­kan rapat pleno KPU, dengan hasil verifikasi faktual dukungan yang memenuhi syarat pada tahap satu sebanyak 47.708 dan tahap dua sebanyak 6.157, maka total 53.857 duku­ngan sudah dikantongi pasa­ngan Edgar-Sefwelly.

“Alhamdu­lillah, akhirnya pasangan per­seorangan Edgar-Sefwelly lolos sebagai peserta Pilwalkot Bogor 2018,” pungkasnya.(ded/c)