Beranda Bogor Raya Lembutnya Tahu Khas Mekarsari

Lembutnya Tahu Khas Mekarsari

SEDERHANA: Meski industri rumahan, tahu khas Mekarsari ini terbukti lembut dan renyah.

CIBUBURRADAR BOGOR,Industri rumahan terkadang disepelekan dengan munculnya industri berbasis teknologi. Padahal, meski dibuat sederhana dalam skala kecil, kualitasnya boleh diadu.

Seperti tahu Sumedang dari industri rumahan Tahu Sumedang Mekarsari II, Cileungsi, Kabupaten Bogor. Industri rumahan ini berdiri 1 Oktober 1995 dan menjadi produsen tahu dengan ciri khas tersendiri, mulai dari tekstur serta rasa tahu.

Pengelola Tahu Sumedang Mekarsari II Ilham Muhamad Rahman menuturkan, tahu buatannya sangat berbeda dengan tahu-tahu lainnya. Rasanya lebih gurih. ”Dasarnya tahu sama saja, tapi ada sebuah keunggulan dari proses pembuatan yang kami terapkan,”ujarnya.

universitas nusa bangsa unb

Tekstur serta rasa tahu Mekarsari ini, lanjutnya, juga memiliki permukaan lembut namun padat jika disantap. Ilham mengaku, cita rasa tahu yang renyah tersebut berada pada hasil olahan tangan serta penggilingan kedelai.

Ia juga benar-benar memperhatikan kematangan tahunya saat proses pemasakan. Untuk harganya dimulai dari Rp800 per potongnya.

Kata dia, usaha tahu ini merupakan hasil turun-temurun keluargannya. Dirinya generasi keempat. Saat ini, ada dua store Tahu Sumedang Mekarsari yakni di Cibinong dan Cileungsi. ”Usaha ini sudah berjalan 23 tahun,” tandasnya.(cr2/c)