25 radar bogor

Cukup KTP Berobat di RSUD

CIBUBURRADAR BOGOR,Sebagai kompensasi atas keterlambatan pencetakan Kartu Sehat dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Kota Bekasi Tri Sulistianingsih mengimbau bagi warga Kota Bekasi yang belum memiliki kartu sehat berbasis NIK, bisa langsung menggunakan KTP jika ingin berobat ke RSUD Kota Bekasi.

”Pasien yang tidak memiliki Kartu Sehat saat daftar akan diberi surat perjanjian rawat jalan sabagai rekomendasi layanan, dan sebagai jaminan kelengkapan administasi untuk mendapatkan pelayanan seperti penebusan obat, rawat inap dan lain lain sesuai ketentuan,” ujarnya Selasa (6/2).

Perlu diketahui, Kartu Sehat (KS) adalah program bersama Pemkot Bekasi dan DPRD.Jadi, jika ada masyarakat ber-KTP Kota Bekasi, sakit, semua pembiayaannya ditanggung Pemkot Bekasi yang bekerja sama dengan 46 rumah sakit di Kota Bekasi dan DKI Jakarta.

”Hal ini juga perlu disosialisasikan kepada masyarakat bahwa berobat ke RSUD Kota Bekasi sekarang sangat dipermudah pelaya­nannya. Walaupun belum punya KS warga cukup membawa KTP Kota Bekasi saja sudah bisa dilayani dan gratis,” ujarnya.

Bagaimana dengan warga dari luar kota Bekasi, apakah juga dilayani RSUD Kota Bekasi? Direktur Utama RSUD Kota Bekasi Kusnanto Saidi mengatakan, Kota Bekasi sangat peduli kesehatan ma­syarakatnya.

”Jadi tetap dilayani meski pasien tersebut di-cover dengan BPJS Kesehatan. Tetap kami layani sebagai pasien BPJS atau pasien bayar umum, pasien yang non-BPJS,” tuntasnya.(dyt/gob/poj)