Beranda Bogor Raya Bangun Pos Satpol PP dari Swadaya ASN

Bangun Pos Satpol PP dari Swadaya ASN

GOTONG ROYONG: Penandatanganan prasasti Pos Satpol PP yang baru dibangun di Kecamatan Cimanggis.

CIBUBUR–Memberikan pelayanan untuk keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Cimanggis, Pemkot Depok meresmikan pos baru untuk Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di Jalan Radar Auri, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok.

Camat Cimanggis Henry Mahawan menuturkan, Pos Satpol PP tersebut dibangun secara swadaya oleh aparatur sipil negara (ASN) se-Kecamatan Cimanggis. Jika diuang­kan, total anggaran yang diper­gu­nakan sebesar Rp210.000.000 untuk pembangunan pos tersebut.

”Kami minta ke ASN bukan dalam bentuk uang, melainkan barang material. Saya menyumbang sebesar Rp10 juta, namun dalam bentuk semen. Hanya jika dito­talkan untuk bayar tukang dan seba­gainya, nilainya segitu,” ujarnya, Selasa (6/2).

universitas nusa bangsa unb

Ia menjelaskan, pembangunan sendiri dikarenakan keterbatasan ruangan pada tempat sebelumnya. Saat ini, pemerintah serta tantrib pun sudah digabung, sehingga Pos Satpol PP yang ada di Pemkot Depok begitu sesak. ”Karena di sana penuh, makanya kami buat Pos Satpol PP di kecamatan ini,” jelasnya.

Untuk fasilitas yang ada, lanjut Henry, meja-meja, ac, serta kelengkapan kantor lainnya juga disumbangkan secara swadaya oleh ASN. Ia mengatakan, apa yang diberikan berasal dari kami (ASN, red) untuk masyarakat.

“Saat ini tiap-tiap kelurahan juga punya Satpol PP. Nah, di sini akan dijadikan Mako Satpol PP Kecamatan Cimanggis. Bahkan untuk apel nanti akan dilakukan di sini,” ucapnya.

Henry menjelaskan, jumlah personel Satpol PP Kecamatan Cimanggis saat ini ada 17 orang. Sebanyak delapan orang merupakan anggota berstatus PNS, dua orang bantuan Satpol PP (banpol) serta enam orang tenaga sukarela. ”Walaupun Satpol PP yang dikelurahan itu tenaga sukarelawan, tapi kami aktifkan di kecamatan. Jadi tidak kekurangan orang,” tukasnya. (cr2/c)