25 radar bogor

Siapkan Lima Pompa Mobile dan 18 Rumah Pompa

SIAGA: Tampak kondisi Rumah Pompa di wilayah Jakarta Timur.

CIBUBUR–Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Timur mengantisipasi adanya banjir kiriman dengan menyiagakan lima pompa mobile. Selain itu, 18 rumah pompa yang tersebar di 10 kecamatan juga sudah siap dioperasikan.

Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana mengatakan, sejak awal pihaknya sudah mengantisipasi adanya genangan. Baik akibat hujan lokal maupun adanya kiriman dari Bogor, Jawa Barat.

”Kami siapkan lima pompa mobile untuk penanganan genangan di Kampung Pulo dan Cakung Timur. Kemudian 18 rumah pompa juga sudah disiapkan untuk mengatasi genangan,” ujar Bambang saat meninjau kawasan Kampung Pulo, Kampung Melayu, Senin (5/2).

Menurutnya, lima pompa mobile itu masing-masing berkapasitas 250 liter per detik. Dua unit disiagakan di Kampung Pulo dan tiga lainnya di Cakung Timur. Di Kampung Pulo juga disiapkan lima rumah pompa yang dikelola Dinas Sumber Daya Air. Sore nanti juga akan dikerahkan dua unit pompa mobile dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC).

”Kondisi Katulampa saat ini siaga satu, kami imbau warga yang ada di bantaran kali untuk lebih waspada. Terutama kali yang belum di-sheet pile,” ucapnya.(bj/net)