Beranda Bogor Raya Barat Utara Perbaiki Kembali Jembatan!

Perbaiki Kembali Jembatan!

CIBUNGBULANG–Ambruknya Jembatan Cijujung di Kampung Purabakti RT 02/04, Desa Cijujung, Keca­matan Cibungbulang, Senin (29/1) lalu, membuat warga kepayahan saat beraktivitas.

Tokoh Pemuda Cibungbulang, Nanang mengatakan, Jembatan Cijujung termasuk poros jalan Kabupaten Bogor. Sehingga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor harus segera melakukan perbaikan. Selain itu, warga juga meminta pemerintah membangun tembok penahan tebing di sepanjang aliran sungai.

”Hal ini perlu dilakukan supaya longsor tidak melebar dan mengancam pemukiman warga, mengingat saat ini sedang musim hujan. Selain itu, warga juga diimbau untuk tidak mendirikan bangunan di atas sempadan sungai,” ujarnya.

universitas nusa bangsa unb

Menurut Nanang, hal itu bi­sa dibuktikan banyak bangu­­nan di sekitar jembatan yang am­brol berdiri di atas sempa­dan sungai. Seperti pos keama­nan desa. UPT mewakili Dinas PUPR pun harus segera mencari so­lusi terbaik.

”UPT harus segera mencair­kan dana perbaikan dan pe­rawatan jalan jembatan, ka­re­na pemda sudah meng­anggarkan dana perbaikan dan perawatan jalan,” ujar aktivis lingkungan hidup ini.

Di tempat berbeda, Sekreta­ris Kecamatan Cibungbu­lang, Aripin saat di temui di ru­angannya, Kamis me­nga­takan, Jembatan Cijujung memang sudah lama, umurnya kurang lebih 30 tahun. Namun Jem­batan itu ada di jalan Ka­bupaten  Bogor, bukan ada di jalan desa.

”Itu jembatan Cijujung meng­hubungkan Jalan Ga­luga, Cemplang, Dukuh, dan Cijujung. Dari kecamatan dan desa juga sudah berupaya. Bahkan kejadian tersebut su­dah dilaporkan ke bupati,” ujarnya.

Aripin mengatakan, perta­ma, pihaknya melaporkan ke Ba­dan Penanggulangan Ben­ca­na, kemudain ke pihak PUPR karena jalan itu milik Ka­bu­paten Bogor.
”Kami tidak bisa berbuat banyak,” tukasnya.(ran/c)