25 radar bogor

Pemulihan Pengaliran PDAM Bergantung Curah Hujan

ilustrasi perbaikan pipa PDAM

BOGOR–PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, terus melakukan pemulihan pengaliran di jaringan pipa distribusi pascagangguan pelayanan akibat peningkatan kadar kekeruhan air baku sejak Minggu malam (4/2/2018).Namun recovery untuk zona layanan tiga dan empat serta sebagian zona satu, sangat tergantung pada curah hujan di daerah hulu Sungai Cisadane.

Jika dilihat sejak Senin (5/2/2018) malam, kadar kekeruhan air baku di IPA Dekeng sudah menurun. Rata-rata di bawah 500 NTU.

“Saya kira ini sudah bagus, tinggal pemulihan pengaliran saja. Karena saat ada gangguan kemarin, pipa-pipa kami banyak yang kosong. Jadi saat terisi, harus buang udara (yang terjebak di dalam pipa) dulu,” ujar Direktur Teknik PDAM Kota Bogor, Syaban Maulana, Selasa (6/2/2018).

Sejak Senin malam, petugas dari Bagian Transmisi dan Distribusi (Trandis) berupaya menjaga level Reservoir Pajajaran dan Merdeka agar sesuai dengan semestinya. Dua tandon raksasa ini menjadi parameter pelayanan di wilayah zona tiga dan empat.

“Level (Reservoir) Pajajaran dan Merdeka masih belum stabil. Masih turun naik. Memang pemulihan jaringan itu perlu waktu. PDAM itu tidak seperti listrik, ketika diaktif langsung nyala semua. Kalau PDAM, perbaikan beres, masih harus pemulihan pengaliran. Air-air ini mengisi dulu pipa-pipa yang kosong, sementara pipa yang kosong itu sudah terisi udara saat air habis. Jadi harus buang udara dulu,” paparnya.(pin/*)