Beranda Politik NasDem Lolos Verifikasi Faktual KPU

NasDem Lolos Verifikasi Faktual KPU

CIBINONG-Setelah melewati serangkaian cek dan ricek, termasuk KTA serta e-KTP kader NasDem Kabupaten Bogor, akhirnya KPU menya­takan verifikasi partai besutan Surya Paloh tersebut lolos.

Verifikasi faktual kali ini dipimpin Ketua KPU Kabupaten Bogor Haryanto Surbakti bersa­ma perwakilan Panwaslu. ”Meski ada sedikit kendala, alhamdulillah, partai kami lolos verifikasi faktual,” ujar Ketua NasDem Kabupaten Bogor Albert Pribadi kepada Radar Bogor, kemarin (5/2).

Pria yang juga mantan bupati Bogor era Agus Utara itu menyebutkan, hari pertama verifikasi ada satu data yang kurang dipenuhi, yakni terkait perpanjangan sewa kantor yang habis juli 2018. Sedangkan, syarat yang harus dipenuhi, minimal perpanjang kesekre­tariatan hingga Desember 2019.

universitas nusa bangsa unb

”Besoknya, Jumat, kami perbaharui dan memperpanjang sewa hingga 2019 dan langsung berkas kami serahkan ke KPU juga Bawaslu. Alhamdulillah, kelar,” papar Albert.

Sedangkan, KPU Kabupaten Bogor telah merampungkan verifi­kasi faktual 12 partai politik lama peserta Pemilu 2014 untuk keikut­sertaannya di Pemilu 2019. Dari total 12 partai politik lama, me­mang Partai NasDem dinya­takan belum memenuhi syarat.

Di sisi lain, Ketua KPU Kabu­paten Bogor Haryanto Surbakti mengatakan, sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), 12 parpol peserta Pemilu 2014 harus mengikuti verifikasi faktual kembali sejak 30 Januari-1 Februari 2018.(ded/c)