Beranda Ekonomi Daihatsu Terapkan Strategi Harga

Daihatsu Terapkan Strategi Harga

JAKARTA–Strategi harga masih menjadi cara efektif PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) dalam menggaet konsumen pada tahun ini. Sebab, daya beli masyarakat diperkirakan masih belum terlalu tinggi atau setidaknya sama dengan tahun lalu.

Marketing Planning and Sales Operation Support PT AI-DSO, Tri Mulyono mengatakan, masyarakat Indonesia termasuk yang paling sensitif dalam hal harga. Tidak hanya terhadap harga beli mobil, tetapi juga harga jual kembali. ’’Karena itu, kami harus selalu memberikan harga yang terbaik bagi konsumen,’’ ujarnya.

Seperti halnya keputusan Daihatsu untuk menetapkan harga All New Terios yang di-launching pada 23 November 2017. Animo pembeli meningkat saat mengetahui harga mobil baru tersebut hampir sama, bahkan lebih rendah daripada model yang lama untuk beberapa tipe. ’’Banyak juga yang pesan sebelum harga diumumkan secara resmi,’’ tuturnya.

universitas pakuan unpak

Hingga 28 Januari 2018, delivery order (DO) untuk All New Terios di seluruh outlet Daihatsu mencapai 1.736 unit. Dari jumlah itu, pencetakan faktur polisi untuk STNK tercatat 1.243 unit.

’’Sisanya kita serah terimakan ke konsumen setelah STNK jadi. Prosesnya 10–14 hari. Tingginya pesanan ini membuktikan bahwa strategi harga berhasil,’’ lanjutnya.

Tri tidak menampik bahwa penurunan harga itu terjadi karena ketatnya persaingan di pasar sport utility vehicle (SUV) medium di Indonesia. Apalagi, beberapa merek sudah menghadirkan produk baru dengan harga tidak jauh berbeda dengan All New Terios.

Pihaknya harus melakukan cost reduction untuk bisa menekan harga jual. ’’Salah satu di antaranya, meningkatkan kandungan lokal di beberapa suku cadang,’’ tuturnya.(tih/wir/c4)