Beranda Olahraga Kickers Barcelona Paling Boros

Barcelona Paling Boros

AKTIVITAS perpindahan pemain di Eropa cukup menarik sepanjang Januari 2018. Klub-klub kaya di Eropa terus bergerilya hingga pengujung Januari dalam upaya memperkuat tim.

Klub raksasa Spanyol, Barcelona menjadi yang terboros selama periode kedua transfer musim ini. Total, Blaugrana memboyong dua pemain.

Satu nama yang memaksa Barcelona menguras kocek adalah Philippe Coutinho, digaet dari Liverpool seharga EUR 120 juta (setara Rp2 triliun).

universitas pakuan unpak

Kedatangan Coutinho pun menjadikan Barcelona sebagai klub dengan defisit terbesar. Pasalnya, pemasukan mereka dengan melepas empat pemain, Javier Mascherano, Gerard Deulefou, Arda Turan, dan Rafinha, hanya EUR 6,5 juta. Alhasil, pemuncak klasemen sementara Divisi Primera La Liga itu tekor hingga EUR 125,3 juta (Rp2,1 triliun).

Di bawah Barcelona, ada Liverpool sebagai salah satu klub yang terboros pada bursa transfer Januari. Namun, Liverpool tetap bisa meraup untung meski pengeluarannya cukup besar, yakni EUR 78,8 juta (Rp1,3 triliun).

Pasalnya, dana untuk pembelian bek Belanda, Virgil Van Dijk itu, diambil dari hasil menjual Coutinho dengan harga selangit. Berikut Rangkumannya.(jpg)

Virgil van Dijk Pecahkan Rekor Bek Termahal
Di luar dugaan, Liverpool dengan berani memboyong Virgil van Dijk dengan harga sangat mahal dari Southampton. Bek asal Belanda itu digaet dengan mahar sebesar EUR 78,8 juta yang sekaligus menjadikannya pemain belakang termahal.

Philippe Coutinho Wujudkan Mimpi yang Tertunda
Tak berapa lama setelah kedatangan Van Dijk, Liverpool langsung membuat kejutan lain saat melepas Coutinho ke Barcelona. Demi menggaet incaran sejak musim lalu itu, Barcelona rela membayar EUR 120 juta. Tak cuma balik modal, dana penjualan playmaker asal Brasil itu bahkan membuat Liverpool untung besar pada bursa transfer Januari.

Transfer Segitiga Giroud-Aubameyang-Batshuayi
Hari terakhir jelang penutupan bursa transfer Januari 2018 menghadirkan kejutan menarik. Arsenal, Chelsea, dan Borussia Dortmund, terlibat kesepakatan segitiga. Tiga pemain saling bertukar di antara ketiga klub tersebut. Dortmund melepas Pierre-Emerick Aubameyang ke Arsenal (EUR 63,75 juta). Tak lama, Olivier Giroud langsung terbuang dari Arsenal menuju Chelsea (EUR 17 juta). Menariknya, sebagai pengganti Aubameyang, Dortmund justru meminjam striker Chelsea, Michy Batshuayi, dengan opsi permanen.

Tukar Guling Alexis Sanchez dan Henrikh Mkhitaryan
Kabar bakal perginya Alexis Sanchez dari Arsenal sudah mengapung sejak musim lalu. Hal itu sudah diisyaratkan dengan sikap Alexis yang enggan memperbarui kontrak. Pada akhirnya, Manchester United yang berhasil meminang penyerang Timnas Cile itu. Akan tetapi, mereka harus rela melepas Henrikh Mkhitaryan ke Arsenal sebagai bagian kesepakatan tukar guling.