Beranda Berita Utama 300 Polisi Evakuasi Korban, Jalur Puncak Masih Ditutup

300 Polisi Evakuasi Korban, Jalur Puncak Masih Ditutup

EVAKUASI: Petugas gabungan, berusaha mencari korban longsor di kawasan Puncak Cisarua, Selasa (6/2/2018). (Doni/Radar Bogor)

CISARUA-Hari ini, tim SAR gabungan kembali melakukan pencarian korban hilang tertimbun longsor di dua titik. Kasubbag Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspita Lena mengatakan, dari Polri mengerahkan sekitar 300 pers personil. “TKP Riung Gunung Puncak fokus pencarian tiga korban hilang, pers yang dikerahkan SAR Brimobda Jabar, SAR Kompi cipanas dua SST, SAR Sabhara Polres Bogor satu SST) dan Gabungan Lantas serta Polsek untuk Pam Jalur 60 personil,” ujarnya.

Sedangkan, kata dia, di rel kereta api km 13.800, kecamatan cijeruk fokus pencarian luma korban hilang. “Personil yang dikerahkan SAR Brimob Resimen 3 Kedung Halang dua SST, SAR Sabhara Polres Bogor satu SST, satu unit K-9 dan gabungan Polsek zona untuk Pam di TKP sebanyak 45 personil,” paparnya.

Selain itu, sambung dia, dilakukan juga kelanjutan pembersihan lokasi longsor di jalur puncak di beberapa titik yang terjadi secara sporadis diluar lokasi longsor utama. “Untuk jalur Puncak mulai dari Gunung Mas sampai Ciloto masih kami lakukan penutupan, hanya bisa dilewati R2 (sepeda motor),” katanya.

universitas nusa bangsa unb

Sedangkan, mobil dilakukan pengalihan ke jalur alternatif melalui dari Gunungputri, Jonggol, Cariu, Sukamakmur, Taman Bunga Cipanas.Tak hanya itu, jalur Ciawi, Sukabumi, Cianjur untuk pembukaan jalur masih dilakukan terlebih dahulu evaluasi bersama PUPR, Dishub, BPBD baik pemda maupun pusat serta dengan Korlantas Polri.

“Dalam evaluasi ini akan dibuat SOP penggunaan dan penyiapan jalur Puncak, mengingat ada jalan yang 1/3 dibawah aspal tanahnya amblas.

Selain itu situasi alam yang hujan terus membahayakan pengendara, terutama yang sering terjebak macet,” pungkasnya. (luc)