Beranda Berita Utama Waspada! Bendungkan Katulampa Siaga Satu, Jakarta Terancam Banjir

Waspada! Bendungkan Katulampa Siaga Satu, Jakarta Terancam Banjir

Sungai Ciliwung meluap, Senin (5/2) (dok.Radar Bogor)

BOGOR-Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya sejak Minggu (4/2/2018) malam hingga Senin (5/2/2018) pagi, membuat air di Bendungan Katulampa, Kota Bogor, meningkat drastis.

Hingga pukul 09:23 WIB Senin (5/2/2018) pagi status Bendungan Katulampa di level Siaga satu dengan tinggi mata air (TMA) 240 dan kecepatan debit air 590 m2/detik.

Kepala Jaga Bendung Katulampa, Andi Sudirman mengatakan, kenaikan volume air terjadi secara bertahap dan masih bertahan di level Siaga satu hingga sekarang. Apalagi hujan masih mengguyur wilayah Puncak Bogor dan sekitarnya.

universitas nusa bangsa unb

“TMA sekarang level 240 atau berstatus Siaga satu. Hujan masih mengguyur sehingga status Siaga 1 masih bartahan,” ujarnya saat dihubungi pojoksatu.id (Radar Bogor Grup), Senin (5/2/2018).

Ia mengimbau warga yang ada di sekitar bantaran Sungai Ciliwung agar waspada dan hati-hati mengingat tingginya debit air saat ini. “Warga terutama di sekitar bantaran sungai harap waspada, ketinggian air masih Siaga 1,” kata Andi.

Menurutnya, air kiriman dari Katulampa diprediksi akan tiba di Jakarta sekitar 12 jam dari sekarang, sehingga banjir berpotensi melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya. “Kalau potensi banjir di Jakarta pasti ada karena Siaga 1,” tandasnya.(pin)