25 radar bogor

SMPN 5 Bogor Gelar Khitanan Massal

Ismiatunnisa/Radar Bogor AKSI SOSIAL: Kegiatan khitanan massal yang berlangsung di SMPN 5 Bogor, Sabtu (3/2) pekan lalu.

BOGOR–Dalam rangka memperingati hari lahir ke-58 tahun SMPN 5 Bogor, berbagai kegiatan meriah pun diadakan.

Mengangkat tema ‘Mem­bangun Kebersamaan melalui Kegiatan Edukatif, Kompetitif, Sportif, Inovatif dan Smart (EKSIS), panitia mengadakan acaraseperti lomba mata pelajaran yang diikuti 1.071 peserta didik tingkat SD di Kota dan Kabupaten Bogor, Jumat (2/2) lalu. Disusul dengan khitanan massal satu hari kemudian, yang diikuti 82 peserta.

Selanjutnya, digelar pula kegiatan donor darah pada 10 Maret nanti, serta senam sehat pada 24 Maret. Sabtu lalu (3/2), SMPN 5 Bogor juga sukses menggelar kegiatan sunatan massal yang diikuti 82 peserta yang merupakan warga Kota maupun Kabupaten Bogor.

Dibuka kepala bidang SMP Disdik Kota Bogor, Arni Suhaerani yang menungkapkan, kegiatan seperti ini harus terus dilakukan. ”Bukan hanya pihak komite sekolah, guru, orang tua siswa bahkan alumni. Kami juga akan mendukung kegiatan yang sifatnya sosial seperti ini,” tuturnya.

Karena menurutnya, melalui kegiatan khitanan massal ini, mampu menumbuhkan sinergi antar-pihak yang terlibat dan menumbuhkan karakter berakhlak mulia serta berprestasi di berbagai bidang. ”SMPN 5 telah menjadi sekolah yang berprestasi, selaras dengan visi dan misinya,” tambah Arni.

Sementara Ketua panitia pelaksana Mahmudin menuturkan, dari tahun ke tahun jumlah peserta yang mengikuti khitanan massal ini terus meningkat. ”Jika tahun lalu terdapat 76 peserta, sekarang ada 82 peserta, dan jumlah santunan bagi penganten khitan pun terus bertambah,” terangnya.

Bukan hanya itu, Mahmudin menyebutkan, penganten sunat mendapatka bekakak, tumpeng mini, nasi boks, snack, serta peralatan salat. ”Di antaranya sarung, baju koko, dan peci,” ucapnya.
Dana untuk menggelar kegiatan ini merupakan hasil sumbangan dari seluruh keluarga besar SMPN 5 Bogor, termasuk komite, siswa juga alumni.

”Bahkan siswa sendiri sangat antusias menyisihkan sebagian uang jajannya untuk dapat berbagi dengan sesama,” jelasnya.

Sementara Kepala SMPN 5 Bogor, Warsadi mengucapkan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada berbagai pihak yang telah menyukseskan acara.(cr1/c)