25 radar bogor

Pelajar SMK Dibina di Seameo Biotrop

JAKARTA–Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan (Kemendikbud) tahun ini akan mengembangkan program wirausaha dan teknologi pada siswa SMK.

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kemendikbud, Bahkrun menyatakan, akan melakukan kerja sama dengan Seameo Biotrop (Southeast Asian Regional Centre for Tropical Biology/lembaga riset) guna menambah kecintaan siswa terhadap dunia pertanian.

”Paling tidak kami pilih 20 sampai 30 SMK untuk bisa dibina dengan Biotrop. Tujuannya agar anak kita bisa cinta dengan pertanian,” ujar Bahkrun.

SMK Pertanian, dijelaskan oleh Bakhrun, lulusannya naik sampai 4-5 persen tahun ini. Meski demikian, sedikit sekali siswa yang dapat ditarik untuk berwirausaha.

”Perkiraannya dari satu sekolah hanya satu sampai dua orang saja yang mau. Dari Direktorat SMK, tahun ini fokus pada pendampingan siswa untuk berwirausaha, sudah kami sampaikan kepada beberapa kepala dinas dan beberapa sekolah,” kata Bahkrun.

Ia menjelaskan kalau saja satu tahun sekolah pertanian menerima 200 siswa kelas 1, kemudian 20 dari mereka didorong menjadi seorang wirausaha, maka hal itu akan berdampak positif. ”Dari 20 orang, lima saja yang menjadi wirausaha itu sudah bagus. Hanya 2,5 persen bisa jadi itu sudah luar biasa,” imbuhnya.

Lulusan SMK tahun ini, papar Bahkrun, sekitar 1.480.000. Jika 2,5 persen maka sekitar 40.000 siswa dapat berwirausaha. Menurutnya, hal tersebut sudah luar biasa dan tahun 2018 dirinya akan mencoba beberapa sekolah untuk menjadi percontohan program ini.(rgm/JPC)