Beranda Berita Utama Longsor, Jalur Puncak Dialihkan ke Jonggol dan Sukabumi

Longsor, Jalur Puncak Dialihkan ke Jonggol dan Sukabumi

ALIHKAN ARUS: Petugas Satlantas Polres Bogor, mengalihkan arus di kawasan Puncak yang ditutup total akibat longsor. (dok.Radar Bogor)

BOGOR-Petugas masih berusaha menyingkirkan bekas longsor yang menututp Jalur Puncak Bogor. Sebab, longsor yang terjadi Senin (5/2/2018), menyebabkan beberapa titik di jalur wisata itu tertutup.

Seperti di Dekat Masjid Attaun, Riung Gunung, dan Widuri. Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama menjelaskan, kondisi badan jalan tertutup karena tanah turun dari gunung sepanjang 20 meter.

Tak hanya itu, tiang listrik roboh dan menganggu lalu lintas sehingga jalan tidak dapat dilalui. Kini, petugas Satlanas Polres Bogor, terpaksa mengalihkan arus Puncak dan Cianjur melewat Jonggol atau Sukabumi.

universitas pakuan unpak

“Kami juga mengajak para stakholder melaksanakan penanganan bencana. Petugas juga meminta bantuan alat berat dari PUPR. Sebanyak 100 personel Polres Bogor telah dikerahkan untuk evakuasi longsor,” terangnya. Kasat mengimbau masyarakat agar jangan menggunakan jalur Puncak terlebih dahulu.

Sampai saat ini, kata dia, curah hujan di wilayah Kecamatan Cisarua cukup tinggi disertai angin kencang. Akibat hujan deras ini telah menyebabkan longsor di sekitaran Panimbangan Kecil, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Longsor mengakibatkan bahu jalan amblas dan matrial tanah dari tebing menutup sebagian bahu jalan. Petugas telah diupayakan membersihkan material yang menutup jalan.

Begitu juga longsor di sekitaran Masjid Atta Awun, Desa Tugu Selatan, material tanah menutup jalan dan telah diupayakan dengan menggunakan alat berat. Longsor juga terjadi di Villa Pengayoman atau Kehakiman, Kapung Cibeureum, Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua.

Tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir sekitar Rp15.000.000. Sementara bencana longsor di Kapung Babakan, Desa Cibeureum, material tanah juga menutup sebagian jalan desa.(pin)