Beranda Bogor Raya Koramil 2105 Bedah Rumah Veteran

Koramil 2105 Bedah Rumah Veteran

SETELAH DIBEDAH: Enda (bertongkat) bersama warga dan anggota TNI.

GUNUNGPUTRI–Entah apa yang sebelumnya dimimpikan oleh Enda (93). Rumah kedia­man kakek renta ini tiba-tiba didatangi oleh pihak Koramil 2105 Gunungputri.

Rupanya, pria berusia 93 tahun tersebut merupakan mantan pejuang kemerdekaan Indo­nesia pada masa penjajahan dahulu. Kedatangan para anggota TNI AD ini pun untuk memberikan penghargaan yang mungkin tak bisa mem­balas jasa perjuangannya silam.

Kapten Arm Endangli menga­takan, kedatangannya dalam rangka Hari Juang Kartika ke-72. Komandan Kodim (Dandim) 0621/Kab Bogor Letkol Inf Fransisco memerintahkan agar para anggota di koramil melak­sanakan bakti sosial. Yakni me­­lak­sanakan bedah ru­mah se­orang pejuang di wi­la­­yah ma­sing-masing. “Kebetulan di wilayah kita ada Pak Enda yang tinggal di Desa Wana­herang,” ujarnya, kemarin (4/2).

universitas nusa bangsa unb

Pria yang akrab disapa Endang ini menerangkan, Enda (93) merupakan orang yang telah merelakan harta, jiwa dan raganya demi kemerdekaan Indonesia. Hasilnya, saat ini bisa kita rasakan. Sebenarnya, bantuan berupa bedah rumah mungkin tak sebanding dengan perjuangannya. Namun, bisa diwakilkan sebagai simbol bahwa TNI peduli kepada para pejuang. “Kami ingin mereka merasakan bahwa kami sebagai TNI hadir di tengah-tengah mereka,” tuturnya.

Endang juga mengapresiasi kepada komponen masyarakat sekitar yang juga telah mem­bantu dan peduli kepada para pejuang. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Ia berpesan agar tidak pernah melupakan sejarah. “Ingatlah, bangsa yang besar adalah bang­sa yang menghargai jasa pahlawannya dan para pejuang­nya, saat ini kita tinggal merawat kemerdekaan itu,” katanya.

Sementara itu, tak banyak kalimat yang keluar dari mulut Enda saat melihat kediamannya telah diperbaiki. Ia tak henti-henti mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah mem­perhatikannya. “Alham­dulilah, saya sangat senang, terima kasih kepada TNI yang masih perhatian kepada saya,” ujarnya.(rp2/c)