Beranda Uncategorized Desa Babakan, Kecamatan Dramaga Tingkatkan Ekonomi Kreatif dan Daur Ulang Sampah

Desa Babakan, Kecamatan Dramaga Tingkatkan Ekonomi Kreatif dan Daur Ulang Sampah

KUAT: Pembangunan tembok penahan tanah untuk menghindari longsor.

Berbagai potensi dimiliki Desa Babakan, Kecamatan Dramaga. Kini, wilayah yang memiliki luas 334.384 hektare tersebut gencar mengembangkan ekowisata.

Selain itu, Desa Babakan juga fokus pada program daur ulang sampah yang dipra­karsai ibu-ibu rumah tangga. Hal ini untuk mendorong terciptanya ekonomi kreatif bagi warga sekitar.

Kepala Desa Babakan, Syae­hu Syam menjelaskan, ada beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam pem­ba­ngunan infrastruktur. Di an­taranya, jalan ling­kungan, pembangunan TPT (tembok penahan tanah), juga kegiatan pemberdayaan, baik kader posyandu, PKK maupun karang taruna.

universitas pakuan unpak

“Program tersebut tentu akan memper­mudah akses transportasi sehingga ada peningkatan jual beli masyarakat. Pemberdayaan yang dilakukan juga dapat menambah ekonomi masyarakat,” ungkapnya kepada Radar Bogor.

KREATIF: Mendaur ulang sampah agar bernilai ekonomis.

Dengan adanya pembinaan yang kon­sisten, katanya, tentu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Babakan sendiri. Yang secara otomatis dapat meningkatkan ekonomi ma­syarakat dengan kemam­puan yang dimiliki.

Program daur ulang tersebut lebih dikhususkan kepada kaum perempuan di Desa Babakan yang jumlahnya saat ini mencapai 3.903 jiwa.

“Ya, dengan daur ulang sampah tentu bisa meng­hasilkan kerajinan yang bisa dijual,” tambah Syaehu.

Lebih lanjut ia mengatakan, Desa Babakan juga memberikan pelatihan bagi karang taruna di bidang perbengkelan motor atau otomotif. Termasuk, bidang olahraga dan pembelajaran agama. Program ini dikhususkan untuk kaum laki-laki yang jumlahnya mencapai 3.981 jiwa.

“Pembinaan daur ulang sampah dibantu oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH),” ujarnya.(ran/c)