25 radar bogor

Asian Games Butuh Tambahan Rp1,1 Triliun

Ketua Panitia Penyele­nggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir
Ketua Panitia Penyele­nggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir

JAKARTA–Ketua Panitia Penyele­nggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir mengakui adanya usulan tambahan anggaran ke Kementerian Keuangan guna kebutuhan Asian Games. Tapi, itu tak berarti terjadi over budget.

Deputi Keuangan INASGOC Gatot S. Dewa Broto mengatakan, INASGOC sejatinya telah mendapatkan Rp1,79 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Indonesia 2018. Namun jumlah itu ternyata masih kurang.

INASGOC masih butuh tambahan Rp1,1 triliun untuk menutupi kebutu­han pembayaran sewa venue, serta opening dan closing ceremony.

INASGOC sempat berharap kekura­ngan dana bisa ditutup dari sponsor. Tapi target ini pesimistis bisa dicapai karena waktu yang sudah mepet. Maka INASGOC mengusulkan tambahan anggaran ke Kementerian Keuangan.

Namun, munculnya usulan itu menimbulkan anggapan jika INASGOC berlebihan dalam menyusun anggaran. Erick menyanggahnya.

”Jika bicara tiga tahun lalu, kebutuhan anggaran Asian Games itu sebenarnya Rp8,7 triliun. Tapi, yang disetujui pemerintah hanya Rp 4,5 triliun. Sementara total keseluruhan sebetulnya Rp6,5 triliun. Dengan rincian Rp4,5 triliun penyelenggaraan, Rp1 triliun kan sponsor, Rp1 triliun lagi pajak. Jadi tidak menyalahi omzet besar,” kata Erick saat ditemui usai peresmian lapangan tenis outdoor dan indoor GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (3/2).

”Karena pajak harus bayar. Misalnya, kami dapat sponsor dari BUMN, kan harus bayar 10 persen untuk pemerintah. Ini mekanisme alur dana, bukan kami melebihi budget. Ini masalah cash flow saja,” kata Erick.

”Apalagi di host city contract sebagai tuan rumah memang tidak ada pajak, tapi realitanya kan tidak mungkin kami tidak bayar pajak karena di Indonesia ada undang-undang,” tambahnya.

Erick juga menjelaskan bahwa ini bukan usulan dadakan. Menurutnya, ini adalah kewajiban yang memang harus dipenuhi pemerintah.

”Jadi sebenarnya usulan Rp1,1 triliun itu terbagi Rp600 miliar pajak dan Rp500 miliar dana yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan karena kami baru dapat Rp3,7 triliun,” imbuh bos Mahaka Group ini.(dc)