Beranda Berita Utama Jokowi Terima ’’Kartu Kuning’’ di UI

Jokowi Terima ’’Kartu Kuning’’ di UI

NET
BERANI: Viral foto Zaadit saat mengangkat buku kuning sebagai lambang protes atau ‘kartu kuning’ yang disampaikannya di hadapan Presiden Jokowi kemarin (2/2).

DEPOK–Perayaan Dies Natalis ke-68 Universitas Indonesia (UI) Jumat (2/2) mendadak ramai menjadi pembicaraan publik. Pasalnya, acara yang dihadiri Presiden Joko Widodo itu diwarnai aksi berani Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI Zaadit Taqwa. Dia menyam­paikan protes di dalam forum usai presiden berpidato.

Dari barisan belakang sisi kanan Balairung UI, Zaadit berdiri ke depan mengacungkan buku kuning. Saat itu, Jokowi baru selesai meresmikan Forum Kebangsaan Universitas Indonesia. Tak pelak, aksi itu langsung dihentikan oleh personel pasukan pengamanan presiden (Paspampres).

Sebelum aksi tersebut terjadi, Jokowi baru saja memuji alum­nus UI yang banyak memberikan sumbangsih pada bangsa. Dia menyebutkan bahwa saat ini menteri kabinet kerja paling banyak lulusan dari UI.

universitas nusa bangsa unb

Di antaranya, Menteri Keu­angan Sri Mulyani, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia Sofyan Djalil, dan Menteri Kordinator Pember­dayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. ”Ini menun­jukkan kalau UI gudangnya orang pintar,” kata Jokowi.

Saat diwawancarai Jawa Pos (Grup Radar Bogor) kemarin, Zaadit menyampaikan bahwa aksi tersebut sudah direncanakan oleh BEM UI bersama beberapa BEM Fakultas di UI.