Beranda Berita Utama IKM Salurkan Bantuan, Bangun Kembali Kampung Gudang

IKM Salurkan Bantuan, Bangun Kembali Kampung Gudang

MULAI DIBANGUN: Warga Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, mulai membangun kembali rumah mereka yang hangus terbakar beberapa waktu lalu.

BOGOR-Masih ingat dengan musibah kebakaran yang menghanguskan satu kampung di Kelurahan Gudang, Keca­matan Bogor Tengah, Kota Bogor? Para korban kini sangat membutuhkan bantuan, ter­utama modal untuk merenovasi rumah mereka.

”Kami survei ke lokasi, warga sangat membutuhkan dana untuk renovasi. Karena itu kami langsung berikan,’’ ujar Ketua DPD Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kota Bogor, Rizal Utami, usai meng­unjungi lokasi bekas kebakaran Kampung Gudang.

IKM, kata Rizal, memberi bantuan uang tunai kepada 34 kepala keluarga. Bantuan itu merupakan program insidental yang menunjukkan kepedulian organisasi IKM kepada masyarakat sekitar.

universitas pakuan unpak

”Berdirinya IKM berdasar pada falsafah ‘di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung’. Jadi, kepedulian harus dan kami merasakan apa yang dirasakan oleh para korban,’’ tuturnya.

Dalam kunjungannya di lokasi, Rizal melihat sudah banyak warga yang mulai membangun kembali rumah mereka. Meskipun sebagian kecil masih ada yang mengontrak. ”Karena itu, bantuan masih sangat mereka butuhkan,’’ tukasnya.

Pernyataan Rizal diamini Ketua RT 05/01 Kampung Gudang, Endang. Dia menyebut bantuan dari pihak lain masih sangat diperlukan. Meskipun bantuan dari pemkot sudah dirasakan oleh para korban. ”Dari pemkot kami dapat 750 ribu per bulan untuk ngontrak. Tinggal kami pikirkan untuk pembangunan fisik. Kami sangat berterima kasih sekali dengan bantuan yang datang,’’ tuturnya.(azi/c)